Pemain Liverpool Luis Diaz, kiri, membuka gol awal selama League Premier musim ini kala The Reds kontra Manchester United di stadium Anfield, Selasa (19/4/ 2022). (AP Photo/Jon Super)

Liga Inggris: Tanpa Cristiano Ronaldo, Manchester United Kalah, Liverpool Geser Manchester City di Puncak

Liverpool, Mediaprospek.com – Tak tanggung-tanggung, Liverpool mencukur Manchester United 4-0, di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB.

Dalam laga bertajuk North West Derby ini, The Reds pun ke puncak klasemen Liga Inggris menggeser Manchester United.

Memanng, tuan rumah Liverpool tampil dominan sejak menit awal laga.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 71,8 persen dibanding MU yang hanya 28,2 persen. Liverpool juga terus menggempur lini pertahanan tamunya.

Pasukan Juergen Klopp melepas 13 percobaan dengan lima mengarah ke gawang. Sementara, MU cuma melakukan dua tembakan dengan satu on target .

Liverpool mampu menggelontor empat gol ke gawang David de Gea lewat Luis Diaz (di menit ke-5), Sadio Mane (70′), serta brace Mohamed Salah (22′ dan .85′)

Kemenangan 4-0 atas MU bikin Liverpool menggusur Man City dari puncak klasemen dengan 76 poin.

Mereka unggul dua angka dari The Citizens yang baru akan bermain besok menghadapi Brighton & Hove Albion.

Untuk MU, hasil ini bikin mereka berada di peringkat keenam dengan 54 poin. The Red Devils punya poin sama dengan Arsenal di posisi kelima dan tertinggal tiga angka dari Tottenham Hotspur di peringkat empat.

Jalannya Pertandingan

Liverpool sudah mampu membuka keunggulan pada menit ke-5. Kerja sama apik para pemain Liverpool di sisi kanan mampu melepaskan diri dari pressing MU.

Umpan terobosan terukur Sadio Mane menuju Mohamed Salah yang tak terkawal akibat transisi yang buruk dari para pemain Setan Merah.

Gol!! Salah yang menusuk di sisi kanan langsung melepas umpan ke depan gawang MU. Luis Diaz bisa menyambar bola untuk menaklukkan David de Gea.

Usai kebobolan, MU langsung melakukan pergantian pemain. Paul Pogba digantikan oleh Jesse Lingard ketika laga baru berjalan 10 menit.

Dias kembali mengancam di menit ke-11. Menerima umpan silang dari Thiago, ia bisa menanduk bola di dalam kotak penalti. Namun, sundulannya masih melambung.

Liverpool tampil dominan hingga memasuki pertengahan babak pertama. Tim tamu tampil sulit lepas dari tekanan Si Merah.

Terus menyerang, Liverpool bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Gol kembali lahir dari kerja sama apik umpan pendek pemain Liverpool.

Sodoran bola Joel Matip langsung dipantulkan Mane menuju Salah yang menyelinap di antara pemain MU. Salah dengan tenang melepas tembakan mendatar yang menggetarkan jala MU.

Salah mencoba menusuk dari sisi kanan di menit ke-30. Ia bisa melepas sepakan tapi usahanya masih terlalu lemah hingga bisa diamankan De Gea.

Pada menit ke-34, Diaz sempat mencetak gol meneruskan umpan Fabinho. Gol ini kemudian dianulir karena Diaz lebih dulu offside.

Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Jadon Sancho yang baru masuk menggantikan Phil Jones coba mengancam. Namun, tembakannya usai menusuk dari sisi kiri masih bisa dibandung Alisson.

Penampilan MU sempat membaik di awal babak kedua. Meski demikian, Liverpool bisa menguasai situasi dengan banyak menguasai bola.

Pada menit ke-70, keberhasilan Andrew Robertson mematahkan bangunan serangan MU jadi awal gol ketiga Liverpool. Ia menggiring bola hingga daerah pertahanan MU sebelum memberikannya Dias di sisi kiri.

Dias melepas umpan tarik yang langsung disambar Mane dengan sepakan first time. Bola bersarang ke pojok kiri gawang De Gea.

Gelontoran gol Liverpool berlanjut di menit ke-85. Umpan Diogo Jota menemui Salah di kotak penalti. Ia kemudian bisa mengemas brace usai tembakan chipnya memperdayai De Gea.

Liverpool menutup 90 menit dengan kemenangan 4-0

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho (James Milner 86′), Jordan Henderson, Thiago Alcantara (Naby Keita 80′); Luis Diaz (Diogo Jota 71′), Sadio Mane, Mohamed Salah.

Manchester United: David De Gea; Victor Lindelof, Harry Maguire, Phil Jones (Jadon Sancho 46′); Aaron Wan-Bissaka, Paul Pogba (Jesse Lingard 10′), Nemanja Matic, Bruno Fernandes, Diogo Dalot; Anthony Elanga (Hannibal Mejbri 84′), Marcus Rashford.

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …