Jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susu. (iStock)

Mau Tahu Triknya? Seduhan Teh Susu yang Nikmat..

Jakarta, Mediaprospek.com – Bukan hanya sekadar menuangkan air panas saja saat menyeduh teh, apalagi bila dicampur dengan susu.

Ternyata ada teknik dan metode khusus yang menentukan kualitas dari rasa teh. Termasuk untuk seduhan teh susu.

Sebagian orang gemar menikmati teh original tanpa tambahan bahan apapun, tapi banyak juga yang suka racikan teh dengan campuran susu. Teh susu jadi lebih creamy dan nikmat, bisa disajikan panas ataupun dingin. Teh susu ini awalnya digemari masyarakat Inggris meskipun saat ini dinikmati hampir di seluruh dunia.

Dilansir dari Metro (18/4) untuk mendapatkan seduhan teh susu yang nikmat ternyata ada triknya. Bukan sekedar menuangkan susu dan air panas pada teh. Bahkan seorang ahli mengaku menemukan teknik seduh teh yang paling tepat.

Dr Andrew Stapley dari Loughborough University adalah seorang insinyur kimia yang sudah melakukan penelitian untuk menemukan teknik menyeduh teh yang sempurna. Menurutnya, teknik menyeduh seperti yang ia terapkan akan menghasilkan teh yang harum dan creamy.

Dr Stapley menyarankan, ketika menyeduh teh harus menuangkan susu lebih dulu sebelum air panas. Ia mengatakan dengan menuang susu lebih dulu akan membuat susu panas secara merata dan protein dalam susu akan terjaga kualitasnya. Sebaliknya, jika air panas yang dituangkan lebih du maka susu akan memanas secara tidak merata dan menyebabkan protein dalam susu rusak.

Hal ini juga menyebabkan timbulnya ‘floaty bits’ atau lapisan minyak yang biasa menggenang pada permukaan teh. Selain itu, menuang susu di akhir saat menyeduh teh juga akan membuat rasanya hilang dan cenderung tawar.

5 Alasan Orang Inggris Minum Teh Campur Susu, Tradisi Sejak Abad 18

Cara Menyeduh Teh Susu (Getty Images/iStockphoto/agcreations)

Lewat penelitian ini juga mengungkapkan bahwa menuangkan susu sebelum air panas dapat menurunkan kandungan mineral pada protein susu sehingga rasa minuman lebih terjaga. Dr Stapley mengemukakan teknik ini berdasarkan penelitian yang ia lakukan.

Namun tampaknya kebanyakan orang akan menerapkan cara klasik dibandingkan mengikuti cara ilmiah ini. Orang cenderung lebih suka menuangkan air panas dulu pada teh, baru kemudian menambahkan susu.

Teh susu bukan hanya populer karena rasanya yang nikmat tapi juga mengandung khasiat bagi kesehatan. Teh secara alami mengandung antioksidan yang mampu melepas endorfin sehingga memberi efek bahagia dan mencegah stres.

Sementara dalam susu terkandung protein, kalsium, zat besi dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Susu hangat juga memiliki efek menenangkan setelah diminum.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …