Wonderkid Barcelona, Pedri berhasil mencetak gol kedua kontra Levante dalam lanjutan Liga Spanyol 2021-2022. (JOSE JORDAN/AFP)

Liga Spanyol: Levante Kalah 2-3, Barcelona Naik ke Posisi 2 Klasemen

Mediaprospek.com – Barcelona sukses saat bertandang ke Levante dalam lanjutan Liga Spanyol 2021-2022 pekan ke-31 di Stadion Ciudad de Valencia, Senin (11/4/2022) dini hari WIB.

Hal ini terjadi ulah dari pemain pengganti, Luuk de Jong, Barcelona sukes menundukkan Levante dengan skor ketat dan dramatis 3-2.

Dikutip BolaSport.com dari Sofascore, Barcelona berhasil menguasai 64 persen penguasaan bola, sedangkan Levante hanya mampu menguasai 36 persen penguasaan bola.

Dari segi peluang, Barcelona mencatatkan 14 peluang dengan 7 yang mengarah ke gawang

Adapun levante mampu membuat 11 peluang dengan 6 yang mengarah ke gawang.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan 22 detik, Levante langsung membuka peluang lewat tendangan Jose Luis Morales dari luar kotak penalti, memanfatakan kesalahan umpan bek kanan Barcelona, Dani Alves.

Tiga menit kemudian, Levante lagi-lagi mengancam gawang Barcelona.

Kali ini giliran Campana dengan sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap Ter Stegen.

Sementara Levante sampai menit ke-7 terus menebar ancaman, Barcelona sampai menit ke-7 masih kesusahan untuk menembus pertahanan Levante yang sangat ketat.

Bahkan El Barca terus mendapatkan pressing dari para pemain Levante dan beberapa kali salah melakukan umpan.

Pada menit ke-20, umpan Ter Stegen dari areanya berhasil menjangkau Ferran Torres yang kemudian diteruskan oleh pemain bernomor 20 itu dengan sebuah tendangan keras ke arah kiper Levante, Dani Cardenas.

Itu adalah peluang pertama El Barca setelah berulang kali mencoba menembus rapatnya bek Levante.

Tak berselang lama, karena keasyikan menyerang, Barcelona hampir kebobolan pada menit ke-25.

Itu terjadi setelah aksi meliuk-liuk Morales melewati beberapa pemain Barcelona mengantarkannya berhadapan one-on-one dengan Ter Stegen dan sukses melakukan sepakan.

Akan tetapi, bola yang sedikit lagi masuk ke gawang Barcelona berhasil disapu oleh Eric Garcia.

Di sisa akhir waktu babak pertama, Barcelona tak bisa membuat progres karena mereka miskin imajinasi.

Adapun Levante sedikit menurunkan tempo permainan sehingga tak lagi menebar ancaman di area penalti El Barca.

Sampai babak pertama selesai, skor 0-0 tetap bertahan.

Tiga menit babak kedua berjalan, Ferran Torres membuka peluang pertama untuk Barcelona lewat sundulannya di dalam kotak penalti memanfaatkan crossing Ousmane Dembele.

Baca Juga: Tinggalkan Man United, Jesse Lingard Dibidik 3 Raksasa Liga Italia, Buka Kans Reuni dengan Jose Mourinho

Namun, pada menit ke-52, Levante justru mampu membobol gawang Barcelona melalui titik penalti yang dengan tenang dieksekusi oleh Morales ke arah kanan gawang Barcelona.

Di menit ke-55, tim tuan rumah lagi-lagi mendapatkan hadiah penalti setelah bola mengenai salah satu bek Barcelona.

Roger Marti yang maju sebagai algojo gagal memanfaatkan kesempatan tersebut karena bola sepakannya ke arah kiri bisa dibaca oleh ter Stegen.

Setelah dihukum dua penalti, Barcelona meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan Levante.

Alhasil, Pierre-Emerick Aubameyang menjebol gawang pada menit ke-59 Cardenas melalui kepalanya, meneruskan umpan silang Dembele dari sisi kiri pertahanan Levante.

Empat menit kemudian, giliran sepakan Pedri dari dalam kotak penalti yang menggetarkan jala Levante.

Pemain yang baru masuk di babak kedua itu bisa mencetak gol karena menerima umpan dari Gavi (baru masuk di babak kedua) yang sebelumnya melakukan tusukan ke dalam kotak penalti Levante.

Berkat dua gol tersebut, Barcelona mulai menikmati permainan dan tanpa lelah menekan pertahanan Si Katak.

Hanya saja, El Barca sempat kecolongan setelah Cantero dari sisi kanan gawang melepaskan sepakan mendatar yang hampir menyerempet tiang gawang Barcelona di menit 79.

Bahkan pada menit ke-83, El Barca kebobolan lewat titik penalti setelah Lenglet yang baru masuk di menit ke-81 menjatuhkan pemain Levante di dalam area penalti.

Gonzalo Melero mengambil penalti tersebut dan dengan mantap menceploskan bola ke arah kiri gawang ter Stegen.

Ketika pertandingan dirasa akan berakhir dengan skor 2-2, tiba-tiba Luuk De Joong berhasil mencetak gol lewat sundulannya di menit 90+2 memanfaatkan umpan silang Jordi Alba.

Gol de Jong menjadi gol terakhir di pertandingan tersebut dan mengakhiri pertandingan dengan skor 3-2 untuk kemenangan Barcelona.

Berkat kemenangan ini, Barcelona naik ke posisi dua klasemen sementara Liga Spanyol 2021-2022 dengan 60 poin.

Sementara Levante tetap bertengger di peringkat 19.

Levante 2-3 Barcelona (Jose Luis Morales 52′-pen, Gonzalo Merelo 83′-pen; Pierre-Emerick Aubameyang 59′, Pedri 63′, Luuk de Jong 90+2′)

Susunan Pemain:

Levante (5-3-2): 34-Dani Cardenas; 20-Jorge Miramon, 4-Rober Pier, 15-Sergio Postigo, 14-Ruben Vezo (29-Alejandro Cantero 76′), 2-Son; 5-Nemanja Radoja (10-Enis Bardhi 76′), 24-Jose Campana (22-Gonzalo Merelo 65′), 8-Pepelu; 11-Jose Luis Morales, 9-Roger Marti (21-Dani Gomez 65′).

Pelatih: Alessio Lisci

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 8-Dani Alves (15-Clement Lenglet 81′), 4-Ronald Araujo, 24-Eric Garcia,18-Jordi Alba; 14-Nico Gonzalez (16-Pedri 56′), 5-Sergio Busquets, 21-Frenkie de Jong (30-Gavi 57′); 7-Ousmane Dembele(11-Adama Traore 84′), 25-Pierre-Emerick Aubameyang (17-Luuk de Jong 84′), 19-Ferran Torres.

Pelatih: Xavi Hernandez

Wasit: Jose Luis Munuera Montero

(mzr/bsc)

Loading

Check Also

Menang di All England, Kini Tim Bulu Tangkis Indonesia Berjuang di Piala Thomas dan Uber Cup 2024

Mediaprospek.com – Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di Piala Thomas-Uber Cup 2024 yang bakal …