Pemain Frankfurt, Ansgar Knauff, menjebol gawang Barcelona dalam laga permepat final Liga Europa, Jumat (7/4/2022). (DANIEL ROLAND / AFP)

Liga Europa: Barcelona Bermain Seri 1-1 di Kandang Eintracht Frankfurt

MediaProspek.com – Saat bertamu ke markas Eintracht Frankfurt pada leg pertama perempat final Liga Europa 2021-2022, Kamis (7/4/2022) atau Jumat dini hari WIB di Stadion Deutsche Bank Park, Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1.

Sebagai tim tamu, Barcelona tertinggal lebih dulu oleh gol Ansgar Knauff pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48.

Ferran Torres menyelamatkan wajah Barcelona dari kekalahan. Golnya pada menit ke-66 sukses membawa skuad Xavi Hernandez menyamakan kedudukan.

Jalannya pertandingan

Statistik yang BolaSport.com kutip dari UEFA menunjukkan Barcelona memiliki lebih banyak peluang ketimbang tim tuan rumah, yaitu 18 berbanding tujuh.

Namun, Eintracht Frankfurt lebih efisien memanfaatkan semua kans mereka.

Ansgar Knauff dkk punya empat tembakan tepat sasaran, sementara Barcelona hanya punya lima.

Pemain Eintracht Frankfurt, Filip Kostic, nyaris membuka keunggulan lebih dulu untuk tuan rumah saat pertandingan baru berlangsung lima menit.

Menyambut umpan Jesper Lindstrom, Kostic dari sisi kanan luar kotak penalti Barcelona melepas tembakan kaki kiri.

Bola meluncur ke sisi kiri bawah gawang Barcelona sebelum diamankan oleh Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona tidak mau kalah. Mereka berusaha membongkar pertahanan Eintracht Frankfurt.

Namun, peluang terbaik Blaugrana baru datang pada menit ke-17.

Pierre-Emerick Aubameyang nyaris membuat kejutan bagi tim tuan rumah lewat tembakan kaki kanan dari sisi kanan gawang Eintracht Frankfurt.

Aubameyang harus gigit jari. Bola melebar ke sisi kiri gawang alih-alih menaklukkan kiper Frankfurt, Kevin Trapp.

Barcelona pun harus kehilangan bek senior mereka, Gerard Pique, yang mengalami cedera dan harus diganti oleh Clement Lenglet.

Kristian Jakic ganti mencoba memecah kebuntuan pada menit ke-26 memanfaatkan umpan Daichi Kamada.

Kendati demikian, tembakan kaki kanannya dari luar kotak penalti kembali bisa dipatahkan oleh Ter Stegen.

Pertandingan babak pertama semakin berjalan sengit setelah Sergio Busquets menjatuhkan Rafael Borre di kotak penalti pada menit ke-37.

Wasit Srdan Jovanovic untuk meminta penalti sebelum pemain Barcelona meminta tinjauan oleh video assistant referee.

Kubu tuan rumah harus kecewa, karena VAR menunjukkan Busquets lebih dulu menyentuh bola sebelum menjalin kontak fisik dengan Rafael Borre.

Laga babak pertama pun berlanjut di tengah protes skuad Oliver Grasner. Namun, hingga 45 menit pertama berakhir 0-0.

Usaha Eintracht Frankfurt membuka keunggulan terbayar lunas pada awal babak kedua. Berawal dari situasi sepak pojok, bola jatuh ke kaki Ansar Knauff yang berada di luar kotak penalti.

Knauff tidak menyia-nyiakan kesempatan dan meneruskan bola ke gawang Ter Stegen dengan tembakan kaki kanannya. Bola meluncur telak ke gawang Barcelona tanpa Ter Stegen bisa berbuat banyak untuk menghalaunya.

Gol Ansgar Knauff seperti semakin memantik semangat skuad Die Adler (Para Elang) itu.

Tiga kali mereka mendapat kesempatan menggandakan keunggulan. Kans pertama terjadi pada menit ke-51 via Martin Hinteregger. Namun, tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti belum bisa menaklukkan Ter Stegen.

Eintracht Frankfurt tidak putus asa. Raphael Borre dan Kristijan Jakic bergantian merepotkan lini pertahanan Barcelona.

Borre melepas tembakan dari tengah kotak penalti dengan kaki kiri sebelum bola diblok pada menit ke-54.

Kristian Jakic ganti menciptakan peluang tiga menit kemudian, juga di dalam kotak penalti Barcelona. Apes, bola yang ia lepaskan hanya melebar ke sisi kanan gawang.

Barcelona pun terus mencoba keluar dari tekanan Eintracht Frankfurt.

Xavi Hernandez memasukkan Frenkie de Jong dan Ousmane Dembele pada menit ke-62 untuk menambah daya gedor. Keputusan Xavi Hernandez memercayakan De Jong masuk menggantikan Gavi terbukti jitu.

Frenkie de Jong mengirim umpan ke Ferran Torres yang diselesaikan Torres dengan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti Frankfurt.

Kevin Trapp tidak bisa mengantisipasi laju bola yang meluncur dan berhenti di sisi kiri bawah gawangnya.

Ferran Torres pun semakin menunjukkan pengaruhnya untuk Barcelona, terutama pada lima pertandingan terakhir yang ia lakoni.

Pemain berusia 22 tahun itu sudah mencetak empat gol dan dua assist dalam lima laga yang ia jalani di semua ajang kompetisi.

Skor 1-1 tak berubah hingga pertandingan memasuki menit ke-75.

Eintracht Frankfurt pun harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-78 menyusul kartu kuning kedua untuk Tuta akibat pelanggaran terhadap Pedri.

Filip Kostic hampir membuat Frankfurt kembali unggul saat ia menerima umpan dari Djibril Sow. Namun, tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti bisa diblok alih-alih berbuah gol.

Barcelona ganti menekan Eintracht Frankfurt jelang laga berakhir. Frenkie de Jong nyaris membalikkan situasi pada menit ke-88 lewat peluang dengan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, bola berhasil diblok.

Clement Lenglet ganti mencoba menaklukkan Kevin Trapp lewat tandukannya satu menit kemudian.

Upaya Lenglet dari dalam kotak penalti pun tak membuahkan hasil. Bola melebar ke kanan gawang Trapp.

Pertandingan pun berakhir imbang 1-1 untuk ditentukan pemenangnya pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (14/4/2022) mendatang.

Eintracht Frankfurt 1-1 Barcelona (Ansgar Knauff 48′ – Ferran Torres 66′)

SUSUNAN PEMAIN

Eintracht Frankfurt (3-4-2-1): 1-Kevin Trapp; 35-Tuta, 13-Martin Hinteregger, 2-Evan N’Dicka; 36-Ansgar Knauff, 6-Kristijan Jakic, 8-Djibril Sow, 10-Filip Kostic; 29-Jesper Lindstrom (23-Jens Petter Hauge 73′), 15-Daichi Kamada (18-Almamy Toure 81′); 9-Rafael Borre

Pelatih: Oliver Glasner

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre Ter Stegen; 4-Ronald Araujo, 3-Gerard Pique (15-Clement Lenglet 23′), 24-Eric Garcia, 18-Jordi Alba; 30-Gavi (21-Frenkie De Jong 62′), 5-Sergio Busquets, 16-Pedri; 19-Ferran Torres, 25-Pierre-Emerick Aubameyang, 11-Adama Traore (7-Ousmane Dembele 62′)

Pelatih: Xavi Hernandez

Wasit: Srdan Jovanovic (Serbia)

(mzr/bsc)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …