Menparekraf Sandiaga Uno (Foto/Ist)

Menparekraf Sandiaga Uno Puji Kinerja ASPPI Dukung Kebangkitan Ekonomi Kepariwisataan

Jakarta, mediaprospek.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sangat mengapresiasi peran Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) dalam mendukung penuh pengembangan pariwisata di tanah air. Organisasi yang sekarang dipimpin Agus Pahlevi dinilai sangat komitmen dalam mendukung mendukung pemulihan dan kebangkitan ekonomi khususnya untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini sampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam video ucapan selamatnya pada Anniversary  ASPPI ke-14, yang ditayangkan serentak , Selasa (5/4/2022). Sandiaga Uno mengaku sangat berterima kasih dengan komitmen ASPPI membantu pemerintah selama ini, dalam pengembangan industri pariwisata nasional termasuk dalam upaya kebangkitan perekonomian di sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Saat ini Digitalisasi menjadi kunci utama  dalam menghadapi era globalisasi, oleh karena itu ASPPI sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonominya Indonesia, harus mampu tumbuh dan berkembang dengan terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Saya mengapresiasi kinerja ASPPI yang Gercep dalam menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam penghapusan karantina bagi PPLN dengan penandatanganan ASPPI dengan Johor Tourism Malaysia pada tanggal 25 Maret 2022 , sebagai mendorong kembali upaya kepariwisataan dua negara.,”kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 

Sandiaga Uno berharap dengan usia yang beranjak dewasa ini, ASPPI terus dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salam Tourism Soldier ini menurutnya, peran ASPPI dapat turut serta membangkitkan ekonomi melalui membuka usaha dan buka lapangan kerja.

Ketua Umum DPP ASPPI, Agus Pahlevi mengatakan apa yang dilakukan semata-mata adalah sebagai wujud membangun industri pariwisata yang sehat, profesional dan memiliki SDM yang kompeten, demi kemajuan pariwisata Indonesia. Karena itulah ASPPI tetap selaras dengan pemerintah bersama-sama membangun dan mengembangkan pariwisata yang semakin baik dan profesional.

“Atas nama pribadi dan pengurus DPP ASPPI, saya sangat mengapresiasi sekali dan berterima kasih kepada berbagai kalangan termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno, yang memberikan semangat kepada ASPPI untuk berkomitmen mendukung pemulihan dan kebangkitan ekonomi terutama di sektor pariwisata,” kata Agus Pahlevi.

 

Agus menambahkan pada diri ASPPI, profesionalisme adalah salah satu tonggak utama dalam mengembangkan Pariwisata Indonesia dalam persaingan global Pariwisata yang demikian pesatnya.

ASPPI atau Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia Hadir sejak tahun 2008. ASPPI juga berusaha mengakomodir para professional Pariwisata di Indonesia untuk bersama – sama mengembangkan Pariwisata terutama di Bidang Sumber Daya Manusia yang lebih mumpuni di Bidangnya masing-masing.

“Oleh karenanya ASPPI berusaha terus menerus untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para anggotanya dengan meningkatkan Kompetensi dan kualitas di bidang apapun di Kepariwisataan,” tambahnya lagi.

Pada sisi lainnya ASPPI adalah sebuah organisasi yang mengedepankan persahabatan dan persaudaraan dan bukan organisasi bisnis dan persaingan. Sesama anggota ASPPI memiliki ikatan rasa senasib dan sepenanggungan, saling asah asih dan asuh. Mereka selalu menyebutnya “Tourism Soldier”.

Terkait itu Ketua Panitia Pelaksana HUT ASPPI ke-14, Gatot Harjoso mengatakan dalam usianya yang ke-14 ini ASPPI berusaha menguatkan konsolidasi dan SDM di dalam organisasi.Penguatan ini akan mendorong pelaku pariwisata yang handal dan profesional dalam mendukung kebangkitan pariwisata.

Agus Fahlevi

Tentunya terkait itu pula menurut Gatot, perubahan pasca pandemi ini membuat tren wisata, sea,sun and sand akan berubah ke arah yang semakin baik dan menjadi sustainability, serenity dan siprituality, seperti yang sering disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam berbagai kesempatan. Selain lebih seimbang, tren pariwisata di masa depan akan lebih personalize, customize, localize, and smaller in size.

“Karena itulah SDM Pariwisata terutama di kalangan ASPPI, penguatan SDM dan kemampuan lainnya sangat penting sekali, termasuk mampu beradaptasi dengan situasi sekarang maupun persaingan-persaingan,” ujar Gatot saat menghadiri HUT ASPPI ke-14 dan Rakerda II ASPPI DPD Kalsel, di Hotel Royal Jelita,Banjarmasin, Selasa (5/4/2022). (Tim Humas DPP ASPPI).

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …