Ilustrasi pola makan salah saat puasa. (Foto: iStock)

Ini Tips Manjur Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

MediaProspek.com – Kebiasaan makan sangat berpengaruh kepada kebugaran tubuh, apalagi sedang berpuasa, maka hindari beberapa kesalahan pada pola makan ini.

Puasa merupakan sebuah ibadah umat muslim kepada Allah SWT. Selain bentuk ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh sebab puasa berkaitan dengan pola makan.

Pola makan yang baik adalah makan secukupnya dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari kebiasaan pola makan buruk saat sahur dan berbuka puasa.

Misalnya pemilihan menu makanan yang tidak sehat dan porsi makan yang berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan makan buruk yang harus dihindari saat berpuasa:

1. Makan Berlebihan saat Berbuka

Makan berlebihan tidak hanya dibenci Allah SWT, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan. Puasa seharian memang membuat lapar, tetapi tidak berarti kamu bisa makan berlebihan ketika buka.

Berbukalah dengan yang sederhana, seperti kurma. Kemudian berikan beberapa menit untuk perut memulai kembali bekerja sambil menunaikan salat Maghrib, lapor Egypt Today (03/04).

Setelah itu makanlah perlahan, bisa dengan menu sup hangat dan sayuran untuk memperlancar pencernaan. Hindari makan makanan yang digoreng untuk berbuka puasa.

Selain itu, hati-hati juga untuk memilih makanan penutup. Hindari makanan yang mengandung gula dalam jumlah tinggi. Sebaiknya makan beberapa gigitan 3 jam setelah buka puasa.

2. Melewatkan Sahur

Melewatkan makan sahur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan begitu, kamu akan merasa lelah dan lapar keesokan harinya. Ketika sahur pun harus memilih menu makanan yang sehat.

Pilihlah makanan yang mengandung protein, seperti susu dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang asin dan makanan pedas, sebab dua makanan tersebut menyebabkan kamu cepat haus.

Melakukan sahur tidak hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga bisa mendatangkan keberkahan. Ada banyak pahala yang didapat dari makan sahur apalagi dilakukan bersama.

3. Minum Minuman Berkafein

Ketika sahur, hindari kebiasaan minum minuman berkafein seperti teh dan kopi. Minuman berkafein bisa menghilangkan air dalam tubuh, sehingga terjadi dehidrasi.

Bukan hanya itu, minuman berkafein juga bisa membuat perut cepat lapar. Bagi orang yang sensitif, minum kopi dan teh juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Daripada minum minuman berkafein, sebaiknya perbanyak minum air putih. Air putih mampur mengembalikan kebutuhan cairan harian kamu. Hindari juga minum minuman manis berlebihan.

4. Makan Terlalu Cepat

Perlu diketahui bahwa kira-kira otak membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit sebelum mengirimkan sinyal ke perut bahwa tubuh sudah kenyang.

Karenanya disarankan agar tidak makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat bisa mendorong tubuh untuk makan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal tersebut pernah diteliti oleh penelitian di Jepang. Para peneliti menemukan keterkaitan antara makan terlalu cepat dengan kelebihan berat badan.

5. Mengonsumsi Junk Food

Jangankan saat berpuasa, di hari normal pun mengonsumsi junk food pun tidak disarankan. Junk Food mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan kelebihan kalori.

Selain itu, kandungan nutrisi pada junk food sangat rendah. Jika sahur dengan menu sahur, maka tubuh kita tidak akan memiliki energi untuk menjalani aktivitas selama puasa.

Terlalu banyak makan junk food juga bisa menyebabkan penyakit. Mulai dari obesitas, diabetes, penyakit jantung, kanker hingga keracunan makanan.

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …