Karim Benzema merayakan gol bersama rekan setimnya saat Real Madrid tandang ke Celta Vigo pada lanjutan Liga Spanyol (2/4/2022). (MIGUEL RIOPA/AFP)

Liga Spanyol: Celta Vigo Berikan Perlawanan Keras, Real Madrid Menang Tipis Lewat Penalti

MediaProspek.com – Real Madrid hanya mampu menang tipis atas tuan rumah Celta Vigo di pekan ke-30 Liga Spanyol 2021-2022 di Stadion Abanca Balaidos, Sabtu (2/4/2022).

Kali ini, Karim Benzema memborong semua gol Los Blancos pada pertandingan yang berjalan seimbang, namun Celta Vigo sedikit unggul dalam hal penguasaan bola sebanyak 53,2 persen.

Selain itu, Celta Vigo mampu melepaskan 10 tembakan dengan empat di antaranya mengarah tepat ke gawang Real Madrid.

Adapun Real Madrid mampu meluncurkan 12 tembakan dengan enam di antaranya mengarah tepat ke gawang Celta Vigo.

Jalannya Laga

Pertandingan antara Celta Vigo dan Real Madrid sudah berjalan ketat sejak babak pertama baru saja dimulai.

Pada menit ke-4, tuan rumah, Celta Vigo, sudah mendapatkan peluang matang melalui aksi Iago Aspas.

Menerima umpan terobos dari Denis Suarez, Aspas berhasil membawa bola ke dalam kotak penalti dan harus berhadapan satu lawan satu dengan David Alaba.

Aspas pun melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti, tetapi masih bisa diblok dengan baik oleh Alaba. Bola pun keluar lapangan dan hanya berbuah sepak pojok bagi Celta Vigo.

Real Madrid tak mau kalah dan membalas serangan Celta Vigo di babak pertama.

Hanya selang lima menit, Los Blancos sudah mendapatkan peluang emas.

Berawal dari umpan silang Lucas Vazquez, Karim Benzema menyundul bola dari jarak dekat dengan gawang Celta Vigo.

Akan tetapi, sundulan Benzema masih sedikit melebar di sisi kanan gawang Celta Vigo yang dijaga oleh Matias Dituro.

Pada menit ke-14, Celta Vigo kembali mendapatkan peluang apik di depan gawang Real Madrid. Kali ini, giliran Denis Suarez yang mengancam gawang Thibaut Courtois.

Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Brais Mendez, Denis Suarez meluncurkan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti ke arah gawang Real Madrid.

Beruntung bagi Real Madrid, Courtois masih mampu menepis tendangan Suarez dengan baik dan hanya berbuah sepak pojok bagi Celta Vigo.

Usai menggempur pertahanan Real Madrid, Celta Vigo justru mendapatkan petaka pada menit ke-18.

Gelandang serang Celta Vigo, Nolito, melanggar bek Real Madrid, Eder Militao, di dalam kotak terlarang dan membuat wasit Pablo Fuertes memberi hadiah penalti kepada Los Blancos.

Karim Benzema yang maju sebagai eksekutor mampu melaksanakan tugasnya dengan baik lewat tendangan kaki kanan menyusur tanah yang mengarah ke tengah gawang Celta Vigo.

Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Real Madrid atas Celta Vigo pada babak pertama.

Kebobolan gol pertama membuat Celta Vigo kepanasan dan terus menggempur lini belakang Real Madrid.

Hasilnya, anak-anak asuh Eduardo Coudet mendapatkan peluang matang pada menit ke-23 melalui tendangan bebas Iago Aspas.

Akan tetapi, Courtois lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan bebas Aspas yang diluncurkan dari luar kotak penalti.

Setelah melalui berbagai upaya penyerangan, Celta Vigo sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-39.

Berawal dari umpan silang Nolito, Thiago Galhardo melepaskan sundulan ke gawang Real Madrid yang sudah sempat ditepis oleh Courtois.

Namun, tepisan kiper asal Belgia itu tak sempurna dan justru membuat bola masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Sial bagi Celta Vigo, setelah wasit Pablo Fuertes melakukan review melalui video assistant referee (VAR), gol Galhardo dianulir karena Iago Aspas berada dalam posisi offside saat proses gol terjadi.

Skor pun tak berubah, tetap 1-0 untuk keunggulan Real Madrid atas Celta Vigo dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Real Madrid langsung tancap gas dan sudah mendapatkan peluang matang pada menit ke-48.

Gelandang andalan Real Madrid, Luka Modric, melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang masih mampu ditepis oleh kiper Celta Vigo, Matias Dituro.

Keasyikan menyerang, Real Madrid justru kebobolan pada menit ke-52 lewat skema serangan balik cepat Celta Vigo.

Nolito yang berhasil lolos dari penjagaan para pemain belakang Real Madrid menuntaskan serangan balik tersebut menjadi gol usai menerima umpan silang dari Javi Galan.

Tendangan kaki kiri Nolito dari dalam kotak penalti tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Courtois dan membuat skor sama kuat menjadi 1-1.

Setelah mencetak gol penyeimbang, kesialan lagi-lagi menghampiri Celta Vigo pada menit ke-63.

Wasit Pablo Fuertes kembali menghadiahkan penalti kepada Real Madrid setelah bek Celta Vigo, Jeison Murillo, menjatuhkan Rodrygo Goes di dalam kotak terlarang.

Benzema kembali ditunjuk menjadi eksekutor untuk mencetak gol kedua Real Madrid dalam laga kali ini.

Beruntungnya Celta Vigo, Matias Dituro sukses menepis tendangan kaki kanan Benzema yang mengarah ke sisi kanan bawah gawangnya. Real Madrid pun gagal unggul atas Celta Vigo.

Hanya selang lima menit, Real Madrid mendapatkan hadiah penalti lagi pada menit ke-68 setelah Kevin Vazquez melanggar Ferland Mendy di dalam kotak penalti.

Benzema yang berupaya membayar kegagalannya pada penalti kedua pun sukses mengonversi penalti kali ini menjadi gol.

Penyerang asal Prancis itu menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Celta Vigo yang tak mampu digagalkan oleh Matias Dituro. Real Madrid pun unggul 2-1 atas Celta Vigo.

Di sisa waktu yang ada, Celta Vigo terus berupaya untuk menyamakan kedudukan dengan terus menekan lini pertahanan Real Madrid.

Real Madrid juga tidak mau kalah dengan ikut melancarkan berbagai skema serangan untuk kembali menambah pundi-pundi gol mereka.

Namun, hingga peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim pada pertandingan kali ini.

Dengan demikian, Real Madrid berhak meraih tiga poin di kandang Celta Vigo dan semakin kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol 2021-2022 dengan koleksi 69 poin dari 30 laga.

Celta Vigo 1-2 Real Madrid (Nolito 52′; Karim Benzema 19′-pen, 70′-pen)

Berikut susunan pemain:

Celta Vigo (4-1-3-2): 1-Matias Dituro; 20-Kevin Vazquez, 15-Joseph Aidoo, 24-Jeison Murillo, 17-Javi Galan; 8-Fran Beltran (14-Renato Tapia 72′); 23-Brais Mendez (18-Orbelin Pineda 81′), 6-Denis Suarez, 9-Nolito (22-Santi Mina 72′); 10-Iago Aspas, 7-Thiago Galhardo (11-Franco Cervi 60′)

Pelatih: Eduardo Coudet

Real Madrid (4-3-3): 1-Thibaut Courtois; 17-Lucas Vazquez (2-Dani Carvajal 61′), 3-Eder Militao (6-Nacho Fernandez 85′), 4-David Alaba, 23-Ferland Mendy; 10-Luka Modric (15-Federico Valverde 74′), 14-Casemiro, 8-Toni Kroos (19-Dani Ceballoss 85′); 11-Marco Asensio (21-Rodrygo Goes 61′), 9-Karim Benzema, 20-Vinicius Junior

Pelatih: Carlo Ancelotti

Wasit: Pablo González Fuertes

(mzr/bsc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …