Mahasiswa KKN STAI Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai angkatan XXIII bersama warga Desa Sungai Luang Hulu saat membuat kerupuk Amplang berfoto bersama, (Foto/Ist).

Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai Gelar Pelatihan Pembuatan Kerupuk Amplang bersama Warga Desa Sungai Luang Hulu Kec. Babirik HSU

Amuntai, mediaprospek.com – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) STAI Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai angkatan XXIII tahun 2022 dari Posko 16 menggelar pelatihan pembuatan kerupuk Amplang untuk warga Desa Sungai Luang Hulu, di halaman Kantor Kepala Desa Sungai Luang Hulu Kab. Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis, (31/3/2022).

Ekonomi desa di masa pasca Pandemi Covid-19 perlu mendapatkan perhatian khusus guna memulihkan ekonomi desa. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan kerupuk Amplang ini masyarakat memperoleh pengetahuan tambahan mengenai kegiatan tersebut dan bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah peluang usaha, guna memenuhi kebutuhan hidup.

H. Syamsuni, S.HI selaku Kepala Desa Sungai Luang Hulu mengungkapkan ikut mendukung dan merasa bangga dengan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN STAI Rakha (Rasyidiyah Khalidiyah) Amuntai Posko 16 tersebut. “ Melihat antusiasme ibu-ibu dalam mengikuti acara ini semakin menambah kepuasan akan adanya pelatihan dan kegiatan tersebut,” Ucapnya.

Fadillah Salah satu anggota Posko 16, mengatakan, “Kegiatan ini dilakukan setelah mahasiswa KKN melakukan observasi di Desa Sungai Luang Hulu, banyak ibu-ibu yang suka memasak namun mereka cenderung masak makanan yang berat-berat. Oleh karena itu, tercetus ide dari teman-teman mahasiswa untuk mengadakan pelatihan pembuatan cemilan berupa kerupuk Amplang. Minimal agar mereka tidak perlu membeli cemilan untuk anak-anak mereka dan semoga bisa menjadi peluang usaha bagi ibu-ibu warga Desa Sungai Luang Hulu.

”Kerupuk Amplang dipilih karena ini merupakan salah satu cemilah khas masyarakat Kalimantan Selatan,” tuturnya

Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai bahan-bahan apa saja yang diperlukan dalam proses pembuatan kerupuk amplang. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatan adonan kerupuk hingga proses pengeringan kerupuk. Mahasiswa KKN juga memberikan contoh kerupuk yang sudah siap untuk digoreng untuk sama-sama dinikmati dengan ibu-ibu peserta pelatihan yang dihadiri puluhan warga Desa Sungai Luang Hulu yang didominasi oleh ibu-ibu yang semuanya merupakan warga desa Sungai Luang Hulu,” ungkap Ahmad Rahmani, selaku mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai dari posko 16.

Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai Posko 16 merasa bersyukur sekali melihat dukungan dari pemerintah desa dan antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan ini, “Alhamdulillah, seluruh rangkaian acaranya berjalan dengan lancar dan ibu-ibunya sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini. Semoga bisa sedikit memberi ilmu yang bermanfaat bagi mereka,” pungkas Ahmad Rahmani. (And/Mzr).

Loading

Check Also

Sore Ini Liga 1, Barito Putera Vs Bhayangkara FC Dinilai Tanpa Beban

Bantul, Mediaprospek.com – Di pekan 33 BRI Liga 1 2023/2024, sore ini Barito Putera akan …