Ilustrasi Liga 1 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Liga12021-2022: Barito Putera Selamat, Persipura Terdegradasi, Berikut 18 Tim Berlaga di Musim Depan

MediaProspek.com – Akhirnya keberuntungan menghampiri Barito Putera hingga berhasil mengamankan tempat tersisa di Liga 1 di hari terakhir kompetisi.

Barito Putera bersama PSS Sleman menggenapi dua kuota tersisa di Liga 1 musim depan.

Hasil itu terjadi usai keduanya mengamankan hasil yang berbeda di pekan terakhir Liga 1 musim ini.

Barito Putera berhasil mengamankan hasil imbang 1-1 secara dramatis atas Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Di laga yang sama-sama digelar pada hari Kamis (31/3/2022), PSS Sleman berhasil menang 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Hasil tersebut membuat keduanya memaksa Persipura jadi tim terakhir yang terdegradasi ke Liga 2 musim depan menyusul Persiraja dan Persela.

Jadi, kuota peserta Liga 1 musim depan dinyatakan telah lengkap.

Susunannya terdiri dari 15 tim teratas Liga 1 musim ini dan tiga tim terbaik Liga 2 musim ini.

Untuk kali pertama sejak 1994/95, Liga Indonesia tidak akan ada satu tim pun perwakilan dari pulau Sumatra dan Papua.

Kompetisi musim depan bakal jadi comeback bersejarah salah satu pendiri PSSI, yaitu Persis Solo ke kasta tertinggi sejak musim 2007/08.

Saat itu merupakan musim terakhir kasta tertinggi Liga Indonesia menggunakan format Divisi Utama Liga Indonesia, lalu beralih jadi Liga Super Indonesia di musim berikutnya.

Fenomena unik lainnya terjadi pada musim depan, karena kiblat sepakbola Indonesia mulai tergeser perlahan ke area Jabodetabek.

Sebelum-sebelumnya klub-klub di Provinsi Jawa Timur terkenal mendominasi persepakbolaan Liga Indonesia.

Jika dilihat komposisinya, ada empat tim yang bermarkas di daerah Jabodetabek, yaitu Bhayangkara FC (Jakarta), Persija (Jakarta), Persikabo 1973 (Bogor), Persita (Tangerang).

Sebenarnya daftar ini juga meliputi Rans Cilegon FC jika menghitung kompleks latihan dan markas tim mereka yang berlokasi di daerah Jabodetabek juga, tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Pada musim ini, hanya empat tim dari provinsi Jawa Timur, yaitu Persebaya Surabaya, Arema FC, Madura United, dan Persik Kediri.

Sementara itu, tak ada perwakilan tim dari pulau Sumatera dan Papua pada Liga 1 musim depan sejak era Liga Indonesia dimulai pada 1994/95.

Liga 1 musim depan dipastikan hanya tersisa Persija Jakarta, Persib Bandung, dan PSM Makassar sebagai tiga tim yang selalu berpartisipasi di kasta teratas Liga Indonesia.

Ketiga tim tersebut rutin berpartisipasi di Liga Indonesia sejak dibentuk kali pertama pada tahun 1994 tanpa pernah terdegradasi.

Ketiga tim tersebut sudah mengumpulkan lima trofi Liga Indonesia sepanjang sejarah mereka berpartisipasi di Liga Indonesia.

Berikut Daftar Tim Liga 1 Musim Depan:

1. Bali United
2. Persib Bandung
3. Bhayangkara FC
4. Arema FC
5. Persebaya
6. Borneo FC
7. PSIS Semarang
8. Persija Jakarta
9. Madura United
10. Persikabo 1973
11. Persik Kediri
12. Persita Tangerang
13. PSS Sleman
14. PSM Makassar
15. Barito Putera
16. Persis Solo
17. Rans Cilegon FC
18. Dewa United FC

Dicetak tebal = Tim promosi

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …