Ilustrasi umrah (Getty Images)

Izinkan yang Belum Bervaksin, Kini Wanita di Atas 45 Tahun Tanpa Mahram Boleh Umrah

Jakarta, MediaProspek.com – Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa jemaah wanita bisa mendapatkan visa umrah tanpa pendamping pria atau mahram, namun khusus untuk golongan usia 45 tahun ke atas.

Dilansir dari Saudi Gazzete, Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi mengumumkan bahwa hanya wanita berusia 45 tahun ke atas yang bisa mendapatkan visa tanpa mahram.

Umrah tanpa mahram itu juga berlaku untuk jemaah wanita dari luar negeri.

Syarat lain ditetapkan oleh Kementerian Urusan Haji dan Umrah, yaitu umrah tanpa mahram hanya bisa dilakukan secara berkelompok alias harus rombongan.

Kementerian Urusan Haji dan Umrah menekankan bahwa agen-agen umrah lokal yang berwenang harus membentuk kelompok atau rombongan jemaah wanita itu.

Dalam pernyataannya, Kementerian Urusan Haji dan Umrah juga menegaskan bahwa jemaah wanita berusia di bawah 45 tahun diwajibkan untuk didampingi mahram.

Sebelumnya Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi mengumumkan bahwa pihaknya akan mengizinkan orang-orang yang belum divaksinasi virus Corona (COVID-19) untuk menjalankan umrah dan salat di dua masjid suci di Saudi, dengan syarat mereka tidak terinfeksi atau melakukan kontak dengan pasien Corona.

Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi dalam pernyataannya juga membatalkan persyaratan verifikasi status kesehatan via aplikasi Tawakkalna yang sebelumnya berlaku.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Sepeda Listrik Marak Versus Motor Listrik yang Wajib Ber-STNK

Jakarta, Mediaprospek.com – Fenomena baru terjadi, sepeda listrik sekarang digemari masyarakat Indonesia yang keberadaannya mulai …