Pemain Barito Putera, Bayu Pradana, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai menjebol gawang Persita Tangerang, dalam laga Liga 1 2021-2022 di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Kamis 24 Maret 2022.(Kompas.com/Suci Rahayu)

Liga 1 2021-2022: Barito Putera, PS Sleman dan Persipura Masih Dibayangi Degradasi, Berikut Simulasinya

MediaProspek.com – Usai Bali United memastikan sebagai juara umum di pekan terakhir Liga 1 2021-2022, fokus berlanjut ke persaingan sengit di zona degradasi.

Pasalnya, Barito Putera (35 poin), Persipura Jayapura (33 poin) dan PS Sleman (36 poin) akan berupaya keras untuk bertahan di Liga 1 musim depan dengan cara menghindar dari zona degradasi pada pekan ke-34 Liga 1 2021-2022, Selasa (29/3/2022) hingga Kamis (31/3/2022).

Sebagaimana dilansir situs LIB, ketiga tim tersebut akan memainkan pekan ke-34 pada Kamis (31/3/2022).

Namun, PT LIB selaku operator kompetisi belum merilis jadwal resmi untuk pertandingan Liga 1 Kamis nanti.

Adapun PSS akan menghadapi Persija Jakarta, Barito Putera bersua Persib Bandung, dan Persipura berduel dengan Persita Tangerang pada pekan pamungkas Liga 1.

Persipura ada di posisi yang paling tak diuntungkan dari tiga tim yang masih terancam terdegradasi ke Liga 2.

Pasalnya, Mutiara Hitam untuk sementara menghuni zona degradasi (posisi ke-16) atau di bawah PSS dan Barito Putera.

Pengurangan tiga poin akibat “mangkir” dalam laga pekan ke-22 kontra Madura United juga berdampak ke tim asuhan Alfredo Vera.

Jika terdegradasi, ini akan menjadi catatan kelam bagi Persipura yang notabene merupakan peraih gelar juara Liga Indonesia terbanyak (4 gelar).

Persipura juga berpotensi terdegradasi dari divisi teratas Liga Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah mereka.

Terkait skenario Persipura selamat dari jurang degradasi, satu yang pasti adalah tim Mutiara wajib menang pada pekan ke-34.

Akan tetapi, kubu ibu kota Papua itu juga harus bergantung kepada pertandingan pamungkas PSS dan Barito Putera.

Berikut Skenario Persipura Bertahan di Liga 1:

1. Persipura Menang, PSS Kalah Persipura bisa selamat dari degradasi jika menang atas Persita, sementara PSS kalah dari Persija. Situasi ini akan membuat poin Persipura dan PSS sama-sama 36 angka.

Namun, posisi Mutiara Hitam akan di atas PSS karena unggul head-to-head (1 menang, 1 imbang).
Tim yang akan terdegradasi adalah PSS atau Barito Putera tergantung hasil masing-masing tim.

Jika Barito Putera menang atas Persib, Laskar Antasari akan selamat dengan raihan 38 poin.

Apabila Barito Putera kalah dari Persib, maka PSS bertahan di Liga 1 karena Laskar Antasari masih mengoleksi 35 angka.

Bagaimana jika Persipura menang, PSS kalah, dan Barito imbang yang akan membuat ketiga tim tersebut sama-sama meraup 36 poin?

Situasi ini akan melihat jumlah poin masing-masing klub dari laga-laga yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait dengan perolehan identik.

Ini sesuai Regulasi Kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 Pasal 9 tentang Sistem Kompetisi yang ditetapkan PT LIB. Artinya, PSS akan selamat karena mengemas 7 poin (2 menang, 1 imbang, 1 kalah) dan Barito dengan 6 poin (2 menang, 2 kalah).

Sementara itu, Persipura akan terdegradasi karena hanya meraup 4 poin (1 menang, 1 imbang, 2 kalah).
2. Persipura Menang, Barito Kalah PSS hanya perlu meraih satu poin untuk bertahan di Liga 1.

Jika kondisi ini terjadi, Persipura akan menggantungkan nasib pada laga terakhir Barito.

Syarat Persipura selamat dalam kondisi ini adalah menang atas Persita dan Barito wajib kalah dari Persib. Apabila skema ini terwujud, Persipura akan meraih 36 poin dan Barito tetap meraup 35 poin sehingga tersalip.

Bagaimana jika PSS meraih poin, Persipura menang, dan Barito imbang pada pekan ke-34? Laskar Antasari akan bertahan dalam kondisi ini.

Perolehan Persipura dan Barito akan sama-sama 36 poin, tetapi Laskar Antasari bakal selamat karena unggul head-to-head (2 menang).

(mzr/kcm)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …