Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto (Kiri) dan Fajar Alfian (Kanan) usai menjuarai Swiss Open 2022, Minggu (27/3/2022). (BADMINTON INDONESIA)

Ini Hasil Lengkap Final Swiss Open 2022, Indonesia Pun Juara Umum

MediaProspek.com – Tim badminton Indonesia berhasil menyabet juara umum di Swiss Open 2022 setelah digelarnya lima pertandingan final di St. Jakobshalle, Basel, Minggu (27/3/2022) waktu setempat.

Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangi partai final dan mampu menyelesaikan turnamen kategori HSBC BWF World Tour Super 300 dengan torehan manis.

Jonatan Christie yang turun lebih dulu, sukses memastikan berdiri di podium tertinggi pada Swiss Open nomor tunggal putra.

Mendapatkan wakil India, Prannoy H.S sebagai lawan pada babak final, Jonatan Christie mampu menang hanya dua gim saja 21-12, 21-18.

Hasil positif tersebut membuat misi balas dendam Jonatan kepada Prannoy tercatat sukses.

Prannoy pasalnya menuju ke final setelah Anthony Sinisuka Ginting sekaligus menghancurkan impian duel sesama anak bangsa.

Setelah bertanding, Jonatan mengungkapkan peran penting dari kegagalan Anthony dalam membuat strategi pemenangan.

“Awal strateginya kurang lebih sama dengan kemarin saat melawan Kidambi Srikanth, saya mencoba menjauhkan bola dari jangkauannya dulu. Ketika ada kesempatan baru menyerang,” kata Jonatan, melalui rilis yang diterima BolaSport.com dari PP PBSI.

“Saya belajar dari Ginting kemarin ketika menyerang terus, malah dia lebih nyaman mainnya,” sambung peraih medali emas Asian Games 2018 itu.

Setelah melihat Jonatan menjadi juara, motivasi tinggi kemudian mengiringi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat tampil di final.

Duet yang akrab disapa Fajri itu membalaskan kekalahan yang diterima Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dari delegasi Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tak mampu menuju final usai ditumbangkan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin pada semifinal sehingga memupuskan mimpi duel sesama Indonesia di partai final.

Beruntung Fajar/Rian mampu menyelesaikan balas dendam atas gagalnya mimpi duel sesama Indonesia di final dengan mengalahkan Goh/Nur dengan 21-18, 21-19.

Kemenangan tersebut membuat Fajar/Rian menjadi juara Swiss Open 2022.

Di sisi lain, mayoritas kontestan yang tampil di final bertarung dalam dua gim saja. Hanya satu pertandingan yang menghabiskan tiga gim untuk menentukan juaranya.

Satu gim tersebut berada pada duel nomor ganda campuran yang mempertemukan Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman) vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia).

Tertinggal lebih dulu, Lamsfuss/Lohau sukses comeback untuk memenangi dua gim terakhir dengan 12-21, 21-18, 21-17.

Dari nomor ganda putri, Pusarla V. Sindhu (India) yang menjadi juara. Kemudian ganda putri adalah Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria).

Hasil lengkap final Swiss Open 2022:

WD: Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria/3) vs Linda Efler/Isabel Lohau (Jerman) – 21-14, 21-12

WS: Busanan Ongbamrungphan (Thailand/4) vs Pusarla V. Sindhu (India/2) – 16-21, 8-21

MS: Prannoy H.S. (India) vs Jonatan Christie (Indonesia/4) – 12-21, 18-21

MD: Goh Sze Fei/Nur Izzudin (Malaysia/8) vs Fajar Alfian/M Rian Ardianto (Indonesia/4) – 18-21, 19-21

XD: Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman/8) vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia/6) 12-21, 21-18, 21-17

(mzr/bsc)

Loading

Check Also

Yuk! Cek Tarif Listrik Terbaru dari PLN yang Mulai berlaku Awal Agustus 2024

Mediaprospek.com – Jelang akhir Juli 2024, kembali lagi Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya …