Para pemain Portugal saat merayakan kemenganan atas Turki dengan skor akhir 3-1.(Getty Images/Octavio Passos)

Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo dan Portugal Sukses Pecundangi Turki 3-1

Porto, MediaProspek.com – Babak semifinal play-off Piala Dunia 2022 antara Portugal kontra Turki berakhir dengan kemenangan Timnas Selecao das Quinas 3-1, di Estadio do Dragao pada laga semifinal play-off Piala Dunia, Jumat (25/4/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Hasilnya Portugal mampu membuka keunggulan pada menit ke-14. Sepakan mendatar jarak jauh Bernardo Silva membentur tiang gawang.

Bola liar dengan baik disambar oleh Otavio yang tak terkawal di depan gawang. Portugal unggul 1-0.

Tertinggal, Turki berusaha merespon pada menit ke-27. Orkun Kokcu mengancam lewat sepakan mendatarnya. Namun, Diogo Costa menyelamatkan gawang Portugal dengan bisa menepis bola.

Portugal bisa mencetak gol kedua tiga menit sebelum turun minum. Otavio mengirim umpan silang terukur yang bisa ditanduk oleh Diogo Jota.

Sundulan Jota tak kuasa dibendung Ugurcan Cakir. Portugal menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Selepas jeda, Portugal mengebak lewat aksi dari Bernardo Silva. Ia menusuk sebelum melepas tembakan tepat di depan kotak penalti Turki. Percobaannya ini tapi masih bisa dibendung Cakir.

Pada menit ke-65, Turki bisa menipiskan ketinggalan. Bermula dari sebuah serangan cepat, kombinasi Cengiz Under dan Burak Yilmaz membongkar lini pertahanan Portugal.

Yilmaz yang bisa lolos dari pengawalan mampu menyontek bola kiriman Under. Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Portugal.

Turki memburu gol penyama kedudukan. Mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-82. Wasit menunjuk titik putih usai meninjau VAR akibar Enes Unal dilanggar Jose Fonte.

Yilmaz yang maju sebagai eksekutor membuang peluang untuk membawa Turki menyetarakan angka. Sepakan penyerang Lille dari titik 12 pas melebar.

Di sisa laga, Turki tak punya pilihan lain kecuali tampil menyerang demi menghindarkan diri dari kekalahan. Hal ini membuat lini belakang mereka meninggalkan celah begitu besar.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Matheus Nunes di menit akhir laga. Pada menit ke-90+4, ia mampu dengan baik menuntaskan umpan terobosan Rafael Leao menjadi gol.

Portugal menutup laga dengan kemenangan 3-1. Hasil ini bikin Cristiano Ronaldo dkk lolos ke laga final Play-off untuk berjumpa Makedonia Utara yang mengalahkan Italia 0-1.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Diogo Dalot, Danilo Pereira, Jose Fonte, Raphael Guerreiro; Bernardo Silva, Joao Moutinho (Nunes 88′), Bruno Fernandes (William Carvalho 80′), Otavio (Rafael Leao 89′); Cristiano Ronaldo, Diogo Jota (Joao Felix 71′).

Turki: Ugurcan Cakir; Ozan Kabak, Merih Demiral, Caglar Soyuncu; Mehmet Zeki Celik (80′ Yusuf Yazici), Berkan Kutlu, Orkun Kokcu (80′ Dorukhan Tokoz), Hakan Calhanoglu, Muhammed Kerem Akturkoglu (66′ Enes Unal); Cengiz Under, Burak Yilmaz.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Wafatnya Presiden Iran Sempat Menaikkan Harga Minyak Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian meninggal karena …