Kadiskominfo Tanbu H. Ardiansyah (tengah), saat menerima kunjungan Jajaran Setwan DPRD Kalsel (Foto/Mzakir)

Diskominfo Tanbu dan Setwan DPRD Kalsel saling Share Ilmu

Tanah Bumbu, mediaprospek.com – Studi komparasi yang dilaksanakan oleh Setwan DPRD Kalsel ternyata menambah wawasan bagi Jajaran Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dalam bermitra dengan media.

“Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah pembinaan terhadap para media, di mana provinsi (Setwan) dapat mengikutsertakan para wartawan dalam peliputan studi komparasi dan hal ini diatur melalui Peraturan Gubernur (Pergub). Oleh karena itu di sini kita mendapat ilmu, jika nanti dari provinsi melakukan studi komparasi lagi ke tempat kami, akan selalu kami terima. Nanti kami akan koordinasi dan meminta contohnya untuk dapat melaksanakannya,” kata Kepala Dinas Kominfo Tanbu H. Ardiansyah, kepada Prospek, Jumat (25/03/22) di Tanbu.

Kerjasama dengan media di Tanbu telah berjalan cukup baik, karena hal tersebut sudah diatur dalam peraturan bupati (Bupati). Namun jika terkait dengan media yang harus diverifikasi, kini tengah disiapkan bagaimana ke depannya.
Di sini juga H. Ardiansyah secara panjang lebar menjelaskan kemitraannya terhadap media. ” Antara kami dan wartawan tidak ada jarak, cuma mungkin hanya karena kesibukan sehingga slow respon dan terlupakan dalam membalas pesan di wa,” imbuhnya.

“Masalah media harus terverifijasi, kita masih menunggu, yang jelas kita tetap menyambut baik dan bekerjasama walaupun media itu belum terverifikasi, asalkan medianya itu tidak abal-abal,” ujar H. Ardiansyah.

Kritikan yang membangun juga sangat diperlukan karena dinilai positip bagi pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Kami sangat berterima kasih jika ada kritikan yang membangun asalkan didasari data yang valid dan beritanya berimbang. Jangan kita hanya disodorkan dengan satu pendapat orang saja dan tanpa konfirmasi, sehingga beritanya tidak berimbang,” tandas H. Ardiansyah.

“Pernah kasus ini terjadi namun saat itu juga kami meminta agar beritanya berimbang,” pungkas H. Ardiansyah.

Setwan DPRD Kalsel H.A.M Rozaniansyah melalui Kabag TU, Protokol dan Kehumasan, Riduansyah, mengatakan, dipilihnya Kab. Tanbu dalam melaksanakan kegiatan studi komparasi dikarenakan banyaknya pertimbangan dan pemberlakuan PPKM pandemi covid-19 di sepanjang Jawa-Bali.

”Kita akan saling share bagaimana pengelolaan atau kerjasama kemitraaan bersama media, serta bagaimana pengelolaan pemerintah daerah setempat dengan para media, baik dengan media cetak dan elektronik di Tanbu,” katanya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan juga akan dapat meningkatkan kompetensi para wartawan,” terangnya.

“Kalau ada hal-hal yang bagus yang dapat kita ambil tentunya merupakan manfaat bagi kehumasan kita,” tandasnya.

Senada Ketua Pressroom Setwan Kalsel Ifik Gandama mengatakan kegiatan studi komparasi ini untuk saling melengkapi mencari plus dan minusnya, artinya saling tukar informasi, salah satunya yang kami ketahui bahwa tufoksi Kominfo ini tak hanya menyajikan informasi dalam bentuk pemberitaan yang dipublikasikan ke publik, tapi juga ada tugasnya terkait persandian, karena itu kami mendapat masukan dan informasi berkaitan mekanisme dan pola kerja dinas ini selain menjalin kerjasama dengan media massa. (Ais/Mzr)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …