Cristiano Ronaldo asal Portugal saat ini bermain untuk Manchester United.(GETTY/PEDRO FIÚZA via BBC INDONESIA)

Piala Dunia 2022: Playoff Zona Eropa, Portugal Vs Turki dan Italia vs Makedonia Utara

MediaProspek.com – Pada Jumat (25/3/2022) dini hari WIB nanti, bergulir laga playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa dan Italia vs Makedonia Utara, Portugal vs Turki menjadi sorotan karena berpotensi melahirkan duel akbar di babak selanjutnya.

Adapun playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa terbagi menjadi tiga path atau jalur, yakni A, B, dan C. Masing-masing jalur berisi empat negara yang akan memulai perjuangan dari babak semifinal.

Negara yang berhasil memenangi laga semifinal di jalur masing-masing berhak lolos ke partai puncak untuk kemudian memperebutkan tiket putaran final Piala Dunia 2022.

Dengan kata lain, hanya ada satu negara dari setiap jalur yang akan melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sistem playoff ini membuat salah satu di antara dua juara Eropa, yakni Italia dan Portugal, bakal absen pada putaran final Piala Dunia 2022.

Pasalnya, berdasarkan hasil undian playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Italia dan Portugal tergabung di jalur yang sama. Mereka berpotensi saling berhadapan pada duel hidup-mati di final jalur C.

Megaduel di final jalur C itu bisa terwujud jika Italia dan Portugal mampu memenangi semifinal kontra lawan masing-masing.

Di semifinal, Italia bakal melawan Makedonia Utara di Stadion Renzo Barbera, Palermo. Sementara itu, Portugal akan bersua Turki dalam semifinal yang dijadwalkan berlangsung di Estadio Do Dragao, Porto.

Laga Italia vs Makedonia Utara dan Portugal vs Turki digelar secara serentak, yakni pada Jumat (25/3/2022) pukul 02.45 WIB.

Jadwal semifinal playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa itu juga berlaku untuk laga-laga lain di jalur A dan B. Di jalur A dan B terdapat duel Wales vs Austria dan Swedia vs Republik Ceko. Jalur A dan B sejatinya juga memiliki laga lain yang kebetulan melibatkan Ukraina dan Rusia.

Ukraina yang tergabung di jalur A dijadwalkan bersua Skotlandia, sedangkan Rusia melawan Polandia di semifinal jalur B. Akan tetapi, situasi akibat invasi Rusia membuat laga semifinal Path A antara Ukraina dan Skotlandia ditunda.

Sementara, Rusia tak bisa melakoni laga melawan Polandia setelah mendapat larangan bertanding dari FIFA dan UEFA.

Jadwal Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa:

Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.
Semifinal Path A 02.45 WIB – Wales vs Austria Skotlandia vs Ukraina (ditunda)
Semifinal Path B 02.45 WIB – Swedia vs Republik Ceko Rusia (WO) vs Polandia
Semifinal Path C 02.45 WIB – Italia vs Makedonia Utara 02.45 WIB – Portugal vs Turki

(mzr/kcm)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …