Pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Lille di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (Foto: Michel Spingler/AP)

Liga Champions: Chelsea Ikuti Liverpool dan Man City ke Perempat Final Setelah Tekuk Lille 2-1

Lille, MediaProspek.com – Stelah Liverpool dan Manchester City, kini Chelsea juga melaju ke perempat final Liga Champions, usai mengatasi Lille 2-1 di leg kedua babak 16 besar di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Kamis (17/3/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah, Lille harus mengejar ketertinggalan 0-2 dari leg pertama, namun di leg kedua tetap kalah.

Di leg kedua, Lille kalah 1-2 dari Chelsea. Sempat memimpin lewat penalti Burak Yilmaz, wakil Prancis gantian dua kali dibobol, masing-masing oleh Christian Pulisic dan Cesar Azpilicueta.

Kemenangan membuat Chelsea melaju ke perempatfinal Liga Champions, dengan agregat akhir 4-1. Chelsea menjadi tim Inggris ketiga yang lolos, setelah Manchester City dan Liverpool.

Jalannya pertandingan

Lille harus mengejar kekalahan 0-2 atas Chelsea dari leg pertama. Awalnya, asa sempat muncul buat tuan rumah.

Setelah laga berjalan alot, Lille bisa memimpin pada menit ke-36. Tuan rumah mendapat hadiah penalti, usai Jorginho handball. Burak Yilmaz bisa mengeksekusi penalti dengan baik, dan membawa skor menjadi 1-0.

Chelsea coba membalas di sisa waktu babak pertama. Di menit ke-44, peluang didapat Marcos Alonso, namun sepakannya dari sudut sempat masih bisa diblok.

Di masa injury time babak pertama, Chelsea akhirnya bisa menyamakan skor. Christian Pulisic menjebol gawang Lille, memanfaatkan umpan Jorginho. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, jual beli serangan terjadi, meski tak banyak peluang tercipta. Laga cenderung berjalan alot.

Di menit ke-51, Lille punya dua peluang lewat Yilmaz dan Jonathan David. Peluang keduanya masih melenceng tipis dari gawang Chelsea.

Sementara Chelsea coba mengancam lewat peluang Antonio Ruediger, namun juga belum membuahkan hasil.

Di menit ke-63, Lille nyaris unggul lewat aksi Xeka. Sundulannya, memanfaatkan umpan Yilmaz, masih membuat bola membentur tiang gawang Chelsea.

Malah Chelsea yang akhirnya bisa bikin gol kedua. Cesar Azpilicueta bisa merangsek ke kotak penalti, dan mencocor masuk bola kiriman Pulisic dari sisi kiri. Gol, Chelsea unggul 2-1. Agegat kini menjadi 4-1 untuk Si Biru.

Tertinggal membuat Lille kesulitan. Sementara Chelsea masih pelan-pelan berusaha menekan tuan rumah. Di menit ke-79, peluang didapat Kai Havertz, namun upayanya masih bisa diamankan kiper Lille, Leonardo Jardim.

Lille nyaris tak punya peluang berarti di sisa waktu pertandingan. Hanya ada upaya Xeka di menit ke-89, lewat sundulan yang masih melenceng, yang sedikit membahayakan gawang Chelsea. Tak ada gol balasan hingga akhir, Chelsea menang 2-1 dan lolos ke perempatfinal.

Susunan Pemain

Lille: Jardim, Zeki, Fonte, Botman, Djalo, Bamba, Andre, Xeka, Gudmundsson, Yilmaz, David

Chelsea: Mendy, Ruediger, Silva, Christensen, Alonso, Kovacic, Jorginho, Kante, Azpilicueta, Pulisic, Havertz

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …