Minyak goreng curah. (Andhika Prasetia/detikcom)

Duh..HET Minyak Goreng Curah Naik Jadi Sama dengan Harga Minyak Goreng Premium

MediaProspek.com – Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah menjadi Rp 14.000/liter dari sebelumnya Rp 11.500/liter yang semua penyaluran minyak goreng kini dikawal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya telah mengecek langsung di pasar untuk mengetahui mekanisme perkembangan harga minyak goreng.

“Dari kemarin sampai dengan tadi pagi kita telah melakukan pengecekan secara langsung di pasar untuk mengetahui mekanisme pasar terkait dengan perkembangan situasi harga minyak,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (15/3/2022).

Dia mengatakan, pihaknya siap mengawal distribusi dan memastikan minyak tersebut benar-benar di pasar.

“Oleh karena itu sesuai apa yang disampaikan Bapak Menko Perekonomian terkait perubahan harga minyak curah menjadi Rp 14.000 untuk harga eceran tertinggi, tentunya kami dari kepolisian siap mengawal sehingga jaminan distribusi kemudian ketersediaan di pasar betul-betul riil di lapangan,” jelasnya.

Pihaknya akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait. Selain minyak goreng curah, pihaknya juga akan memastikan minyak kemasan tersedia di pasar.

“Kami akan bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada untuk memastikan bahwa minyak curah, kemudian minyak kemasan sesuai yang disampaikan menyesuaikan dengan harga keekonomian semuanya ada di pasar,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akhir Januari lalu mengumumkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) baru untuk minyak goreng curah hingga kemasan premium. Kebijakan ini berlaku mulai 1 Februari 2022. HET minyak goreng curah ditetapkan Rp 11.500 per liter.

“HET minyak goreng curah Rp 11.500/liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500/liter, dan minyak goreng premium Rp 14.000/liter. Seluruh harga sudah termasuk PPN di dalamnya,” Lutfi dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022).

(mzr/dtc)

Check Also

Final Liga Champions: Mantan Pemain Penyerang Liverpool dan Real Madrid Sebut Eksploatasi Vinicius

Mediaprospek.com – Mantan penyerang Liverpool dan Real Madrid Michael Owen memperkirakan jalannya pertandingan final Liga …