Di sela- sela kegiatan Rakernis Jajaran SKPD antar Dispora seKalsel bersama mitra kerja Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan berfoto bersama dengan Kadispora Prov. Kalsel, Drs. H. Hermansyah, MM, Selasa, (15/03/2022). (Nampak Kadispora Prov. Kalsel Drs. H. Hermansyah, M. Si, nomor tujuh dari kiri) ). (Foto/HumasDisporaKalsel)

Gelar Rakernis, Dispora Kalsel Sinergikan 3 Isu Strategis

Banjarmasin, mediaprospek.com–Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Dispora Kalsel) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) forum SKPD antar Dispora se-Kabupaten/Kota bersama mitra kerja Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan, Selasa, (15/03/2022) di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Kadispora Prov. Kalsel, Drs. H. Hermansyah, MM, mengatakan, kegiatan Rakernis dalam rangka penyatuan langkah Dispora sekabupaten/kota dan induk-induk organisasi olahraga serta kepemudaan se Kalimantan Selatan.

“Ada tiga isu strategis yang paling penting yang perlu kita sinergikan agar semua kegiatan dapat mendukung visi dan misi pemerintah provinsi Kalimantan Selatan. Yaitu, pertama meningkatkan indek pembangunan pemuda (IPP), Kedua, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dan Ketiga, meningkatkan prestasi olahraga di Kalsel,” kata H. Hermansyah kepada Prospek, Selasa, (15/03/2022).

“Fokus pada peningkatan IPP dengan melakukan sinergitas, berbagai upaya dan strategi dalam program yang melibatkan kabupaten/kota, dengan tujuan pembangunan pemuda di Kalsel bisa meningkat,” tandas H. Hermansyah.

Oleh karenanya, H. Hermansyah menjelaskan, untuk meningkatkan IPP di Kalsel bukan hanya peran Provinsi saja, tetapi juga harus melibatkan kabupaten/kota. Diketahui, saat ini IPP Kalsel pada tahun 2021 berada di peringkat 21 dari 34 provinsi. Suatu capaian yang sangat luar biasa bagi Kalsel setelah sebelumnya berada di peringkat terakhir atau di peringkat 34 dari 34 provinsi seluruh Indonesia. ” Dan ke depan kita harapkan bisa masuk minimal 15 besar nasional,” ujar H. Hermansyah

Mengenai capaian prestasi olahraga di Kalsel pada tahun 2022, H. Hermansyah mengatakan, target pada tahun 2021 sudah tercapai dari sisi perolehan medali. Tim Pekan Paralimpik Nasional  (Peparnas) sudah bisa mencapai target yang luar biasa dan sekarang Dispora Kalsel sedang dalam persiapan menyusun desain besar olahraga nasional. Kalsel bersinergi dengan pemerintah pusat, yang akan dibreak down lagi ke bawah yang pada hari ini juga akan dibahas dalam Rakernis ini.

Ditanyakan mengenai dana hibah, H. Hermansyah menilai pelaksanaannya sudah cukup baik dan menrutunya, pada hari ini juga akan membahas penyampaian usulan dana hibah, agar sesuai aturan baik itu terkait waktu pengusulan sampai kepada pelaksanaan dan pertanggungjawabannya.

 

Kegiatan Rakernis Forum SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalsel tahun 2022 adalah  dalam rangka untuk sinkronisasi, percepatan dan mensinergikan program/kegiatan antara dinas provinsi, dinas Kab/Kota dan mitra kerja bidang pemuda dan olahraga.

Secara lebih teknis kegiatan juga dimaksudkan untuk menyesuaikan target dan sasaran provinsi dan Kab/Kota dengan cara pertama, memadukan dan memantapkan rencana kegiatan, sasaran program kegiatan prioritas provinsi dan daerah kab/kota.

Kedua, mengamankan dan mengusulkan program/kegiatan daerah untuk terakomodasi dalam program kegiatan nasional dan ketiga, memantapkan program/kegiatan dan sasaran  prioritas daerah dan provinsi, serta menyesuaikan dan mencerminkan kebutuhan riil dan prioritas di daerah.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Rakernis Forum SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalsel Tahun 2022 adalah,  pertama, tersusunnya usulan rencana program/kegiatan tahun anggaran 2023.

Kedua, rencana usulan program/kegiatan tahun anggaran 2023 yang sinergi antara pusat, provinsi, Kab/Kota dan mitra kerja bidang pemuda dan bidang olahraga.

Ketiga, mensosialisasikan dan mensinergikan program/kegiatan tahun anggaran 2023 yang telah mengakomodasi kebijakan dan program/kegiatan di provinsi, kab/kota dan mitra kerja Bidang Pemuda dan Olahraga se Kalsel.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya, yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Syaiful Azhari, mengatakan, rapat kerja teknis yang dilaksanakan pada hari ini adalah merupakan bagian dari proses perencanaan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, dalam rangka menindaklanjuti hasil rakortek yang sudah dilakukan baik antara pemerintah pusat dan daerah kemudian antara pemerintah daerah dan pemerintah kab / kota perihal sinkronisasi program, kegiatan dan sub kegiatan serta indikatornya berdasarkan kepmendagri.

“Kemudian pada kesempatan yang baik ini kami sampaikan beberapa isu strategis di bidang pemuda dan olahraga, yaitu,  dalam capaian indeks pembangunan pemuda (IPP) yang telah dirilis oleh kementerian perencanaan pembangunan nasional RI (Kementerian PPN/BAPPENAS) pada tahun 2021, bahwa peringkat IPP Kalimantan Selatan mengalami peningkatan menjadi 50,67 atau berada diposisi ke 21 secara nasional,” kata Syaiful Azhari.

“Tentunya hal ini menjadi tanggung jawab kita bersamauntuk melakukan upaya untuk terus melakukanperbaikan peringkat IPP di daerah khususnya mengenai domain yang menjadi tanggung jawab urusan kepemudaan dan olahraga sehingga hal ini juga perlu menjadi bahan pemikiran bersama dalam rapat teknis kali ini,” ujar Syaiful Azhari.

Terkait peningkatan partisipasi masyarakat dibidang olahraga yang diukur dari persentase masyarakat usia 7-60 tahun yang berolahraga, dimana capaian pada tahun ini mengalami penurunan yaitu berada pada angka 27,58% jika dibandingkan capaian sebelumnya (tahun 2018, berdasarkan survei statistik sosial budaya yang dilakukan setiap 3 (tiga) tahun sekali) berada di angka 35,31%, adanya penurunan ini juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi covid-19 yang mengakibatkan aktifitas olahraga luar ruangan menjadi terganggu.

“Sehingga pada kesempatan ini kiranya kita dapat bersama – sama merumuskan kembali strategi yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berolahraga,” imbuh Syaiful Azhari.

“Dan yang terakhir terkait peningkatan prestasi olahraga yang diukur melalui jumlah medali emas pada kejuaraan olahraga nasional, sebagaimana pada pelaksanaan pon tahun lalu, Kalsel berhasil meraih 45 medali emas yang disumbangkan dari kejuaraan pon sebanyak 4 medali emas dan dari kejuaraan Peparnas sebanyak 41 medali emas,” pungkas Syaiful Azhari. (Ais/Mzr).

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …