Angelina Osndakh hirup udara bebas. (Foto: Iqbal/detikHOT)

Akhirnya Angelina Sondakh Bebas dari Penjara Selama 10 Tahun

Jakarta, MediaProspek.com – Pagi yang cerah buat Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau biasa dikenal dengan nama Angelina Sondakh yang mulai resmi menghirup udara bebas pada pagi ini sekitar pukul 6.27 WIB dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Setelah 10 tahun menjalani masa hukuman akibat kasus korupsi pada 2012 silam, Angie keluar didampingi para petugas lapas. detikcom memantau langsung dari Lapas Pondok Bambu, Kamis (3/3/2022), terlihat perempuan kelahiran 1977 itu mengenakan baju kaos putih dan blazer berwarna pink. Dia juga menenteng tas berwarna coklat.

Awak media yang sedari pagi sudah hadir turut meramaikan pembebasan Angie. Lengkap bersama dengan kilauan lampu kamera dan segudang pertanyaan.

“Alhamdulillah saya sudah dinyatakan bebas,” ucap Angelina Sondakh sambil menangis.

“Saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia setelah perbuatan saya tidak patut ditiru, dicontoh saya sepenuhnya menyesal,” ungkapnya.

Diketahui, Angelina Sondakh dihukum penjara dalam kasus anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau dikenal dengan kasus Wisma Atlet.

Dirinya dihukum penjara 10 tahun, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dan uang pengganti Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta subsider 4 bulan 5 hari.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM, Rika Aprianti, sebelumnya mengatakan bahwa Angelina Sondakh dijadwalkan bebas murni pada April mendatang. Namun Angelina Sondakh mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak 3 bulan yang merupakan hak semua narapidana.

Rika menyebut uang denda telah dibayar lunas oleh Angie, sementara dari hukuman uang pengganti itu, Angie telah membayar Rp 8.815.972.722, sisa Rp 4.538.027.278 yang akan diganti dengan hukuman kurungan 4 Bulan 5 hari.

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hengkang dari Wilayah Palestina

Mediaprospek.com – Kembali, pengadilan tertinggi PBB pada Jumat (19/7/2024) memutuskan, pendudukan Israel atas wilayah Palestina …