Gregoria Mariska Tunjung saat bertanding dengan wakil Hong Kong di Kejuaraan Beregu Asia 2022.(PBSI)

Kejuaraan Beregu Asia 2022: Indonesia Optimis Bakal Raih Gelar Perdana Usai Tim Jepang Mundur

Jakarta, MediaProspek.com – Tim Jepang mengundurkan diri, maka setelah berhasil melaju ke final Badminton Asia Team Championships atau Kejuaraan Beregu Asia 2022m Tim bulu tangkis putri Indonesia di ambang raih gelar juara perdana.

Keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung dkk ke partai final dipastikan setelah Jepang memutuskan mundur dari Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Indonesia dan Jepang semula dijadwalkan menjadi lawan pada partai semifinal Kejuaraan Beregu Asia di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Sabtu (19/2/2022) pagi WIB.

Tim putri Indonesia melaju ke semifinal sebagai juara Grup Z dengan modal tiga kemenangan, sedangkan Jepang berstatus runner up Grup Y di bawah Malaysia.

Namun, pertandingan tersebut tak dimainkan setelah Jepang mundur karena beberapa pemainnya dalam kondisi kurang fit dan tidak bisa bertanding.

Ini sekaligus membuka peluang tim putri Indonesia untuk meraih gelar perdana mereka di Kejuaraan Beregu Asia.

Sejak turnamen ini bertransformasi dengan menggelar kejuaraan beregu putra dan putri sebagai kualifikasi menuju Piala Thomas-Uber mulai 2016, srikandi Indonesia belum pernah berdiri di podium tertinggi Kejuaraan Beregu Asia.

Pencapaian terbaik tim putri Merah Putih adalah melaju hingga semifinal pada 2018, sebelum dikalahkan Jepang 0-3. Adapun pada 2016 dan 2020, tim putri Indonesia terhenti di perempat final.

Namun, calon lawan tim putri Indonesia di final Kejuaraan Beregu Asia 2022 pun tak bisa dibilang mudah. Malaysia atau Korea Selatan yang akan dihadapi Gregoria dkk di partai puncak pada Minggu (20/2/2022).

Indonesia dan Korea Selatan sudah pernah bertemu sebelumnya pada pertandingan terakhir Grup Z. Indonesia saat itu meraih kemenangan dengan perjuangan tidak mudah.

Kedua tim bermain imbang 2-2 sebelum tunggal putri Stephanie Widjaja memastikan kemenangan Merah Putih.

Sebagai tuan rumah, mereka sangat berambisi mendapatkan gelar juara. Apalagi, tim putri Malaysia juga sudah mengalahkan Jepang yang berstatus sebagai juara bertahan pada babak grup.

Tim putri Indonesia mengaku siap, tanpa peduli siapa pun lawannya di partai final. Mereka akan tampil habis-habisan demi menjadi kampiun Kejuaraan Beregu Asia 2022. “Siapa pun lawannya di final nanti, kita siap.

Kemenangan tanpa tanding ini membuat pemain tambah semangat. Meski target ke final sudah bisa dicapai, kita akan terus berjuang hingga titik darah penghabisan,” ucap Prasetyo Restu Basuki selaku pelati ganda putri, dilansir dari PP PBSI. (mzr/kcm)

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …