Sirkuit Mandalika, di Lombok, NTB. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

MotoGP 2022: Mulai Hari Ini, Tes Pramusim Digelar di Sirkuit Mandalika

Jakarta, Mediaprospek.com – Setelah tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, para rider MotoGP 2022 akan melanjutkan uji coba berikutnya di Sirkuit Mandalika, Indonesia, hari ini, Jumat (11/2).

Momen ini sekaligus memberi kesempatan para rider untuk menjajal seperti apa karakteristik Sirkuit Mandalika, yang di gelaran MotoGP 2022 akan hadir pada seri kedua — pada gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Profil Singkat

Merujuk laman web situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 kilometer. Total ada 17 tikungan di sirkuit tersebut dengan rincian 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan.

Sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sudah pernah menggelar race World SuperBike pada tahun 2021 lalu ini juga memiliki trek lurus sepanjang 507 meter.

Di gelaran WSBK lalu, juara dunia Toprak Razgatlıoğlu memegang catatan putaran terbaik. Torehan 1 menit 34,288 detik menjadi lap record untuk ajang WSBK di Sirkuit Mandalika.

Tentu saja belum ada lap record untuk gelaran kejuaraan dunia balap motor grand prix MotoGP mengingat Sirkuit Mandalika baru kali ini masuk kalender.

Sirkuit Mandalika memang belum menghadirkan tes resmi para rider MotoGP, baik dalam tes maupun balapan. Tapi para rider sudah “berkenalan” singkat dengan sirkuit ini.

Rider Aprilia Aleix Espargaro adalah salah satu yang sudah menjajal satu putaran di Sirkuit Mandalika. Ia pun sudah menuturkan kesan pertamanya.

“Halo fans di Indonesia. Saya sudah di sini. Lap pertama di Sirkuit Mandalika, hari ini dengan sepeda. Sirkuit ini sangat indah. Saya sudah tak sabar untuk melintas di sirkuit ini dengan motor pertama kalinya pada akhir pekan ini,” kata Alex Espargaro di Instagram pribadinya @aleixespargaro.

Ada pula Alex Rins. Rider Suzuki itu tak mau kalah mengisahkan kesan pertamanya terhadap Sirkuit Mandalika.

“Terkonfirmasi: Sirkuit Mandalika sangat keren. Tak Sabar untuk menunggangi motor saya di sini,” kata Rins di akun Instagram @alexrins.

Jadwal Tes

Aleix Espargaro, Alex Rins, dan para rider MotoGP lainnya kini bersiap menjajal Sirkuit Mandalika sepenuhnya, di atas tunggangan andalan mereka masing-masing ketika tes resmi dimulai akhir pekan ini.

Merunut situs resmi MotoGP, tes akan digelar selama tiga hari mulai dari Jumat (11/2) besok sampai hari Minggu (13/2). Berikut selengkapnya.

Tes MotoGP Mandalika hari Jumat 11 Februari
Hari pertama, sesi 1 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

Tes MotoGP Mandalika hari Sabtu 12 Februari
Hari kedua, sesi 1 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

Tes MotoGP Mandalika hari Minggu 13 Februari
Hari ketiga, sesi 1 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

(mzr/dtc)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …