Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Bola.com/Dok. AFC)

Piala Dunia 2022: Di Babak Penyisihan, Total Sudah 14 Negara ke Putaran Final

Media Prospek.com – Saat ini ada 14 negara yang sudah mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar menyusul Iran yang menang melawan Irak.

Iran menjadi negara di zona Asia pertama yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2022.

Qatar tidak termasuk karena otomatis lolos dengan status sebagai tuan rumah. Kepastian Iran lolos ke Piala Dunia 2022 terjadi setelah tim asuhan Dragan Skocic itu mengalahkan negara tetangganya, Jumat (28/1/2022).

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung di Azadi Stadium, Iran, itu ‘Tim Melli (julukan timnas Iran) unggul atas Irak dengan skor 1-0.

Kemenangan Iran diraih berkat gol tunggal Mehdi Taremi di menit ke-48. Hasil ini membuat Iran menempati puncak klasemen grup A zona Asia dengan raihan 19 poin.

Raihan tersebut unggul dua angka dari Korea Selatan di peringkat kedua dan 10 angka dari Uni Emirat Arab di peringkat ketiga.

Dengan sisa tiga pertandingan, Iran dipastikan tidak akan tergeser dari posisi dua besar grup A zona Asia.

Sebagai informasi, hanya juara dan runner up grup di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berhak langsung lolos ke Qatar.

Sementara itu, di grup B zona Asia, Arab Saudi yang saat ini berada di peringkat pertama dengan 19 poin, memiliki peluang besar untuk menyusul Iran ke Qatar.

Arab Saudi unggul empat dan lima angka dari Jepang dan Australia yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Kendati begitu, Arab Saudi masih harus melakoni dua partai berat melawan Jepang dan Australia di sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Nantinya, selain juara dan runner-up grup, dua tim yang finis di peringkat ketiga juga memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia dengan bertanding satu sama lain pada babak playoff. Pemenangnya kemudian maju ke playoff antarbenua melawan negara dari Amerika Selatan.

Selain Iran, negara-negara yang sudah memastikan tempat di Qatar adalah negara-negara langganan Piala Dunia seperti Jerman, Inggris, Spanyol, Argentina hingga Brasil.

Namun salah satu di antara dua negara langganan Piala Dunia, yakni Italia dan Portugal dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Sebab, undian playoff memungkinkan kedua tim saling bertemu di final playoff zona Eropa.

Di babak semi final jalur C, Italia akan menghadapi Makedonia dan Portugal akan bersua dengan Turki.

Total ada 12 negara Eropa yang bertanding di babak playoff untuk memperebutkan tiga tiket ke Piala Dunia 2022.

Negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022 adalah Qatar (tuan rumah), Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Serbia, Spanyol, Swiss, Brasil, Argentina dan Iran. (mzr/kcm)

 

Loading

Check Also

Liverpool di Puncak, Berikut Hasil Lengkap, Klasemen, dan Top Skor Premier League 2023/2024

Mediaprospek.com – Liga Inggris kali ini hanya memainkan satu pertandingan pekan ke-26 pada Kamis (22/2/2024) …