Ilustrasi minum kopi di pagi hari. Ilmuwan sarankan konsumsi kopi setelah sarapan agar gula darah dan metabolisme tubuh tidak terganggu.(SHUTTERSTOCK/gpointstudio)

Yuk, Cegah Hilang Ingatan dengan Secangkir Kopi Nikmat

MediaProspek.com – Kini, kopi dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan faktanya, kopi diketahui dapat menurunkan risiko depresi, meningkatkan penurunan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, serta penyakit kronis lainnya.

Sehingga, bisa dibilang, kopi adalah salah satu minuman terpopuler di dunia karena menambah semangat dan rasanya yang lezat.

Namun, tak hanya itu, ternyata kopi juga merupakan salah satu minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencegah hilangnya ingatan lho.

Menurut laporan Journal of Alzheimer’s Disease, beberapa penelitian kohort menemukan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang dapat memiliki efek positif pada kesehatan kognitif.

Menurut laporan tersebut, kopi dapat membantu mengurangi risiko demensia, melawan penyakit Alzheimer, dan memperlambat penurunan kognitif secara keseluruhan.

Nah, salah satu hipotesis utama mengapa kopi dapat membantu mencegah hilangnya ingatan adalah karena kandungan kafein dan kadar antioksidannya.

Kini, penelitian pun terus menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat membantu kesehatan kognitif kita.

Meski kopi berguna bagi ingatanmu. Ingatlah untuk tidak berlebihan soal menambahkan gula.

Pasalnya, meski kopi baik untuk ingatanmu, menambahkan gula dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan kognitif.

Sebuah studi dari Clinical Interventions in Aging menemukan bahwa terlalu banyak gula dapat merusak ingatan seiring berjalannya waktu, termasuk meningkatkan risiko demensia.

Harvard Medical School pun mengingatkan bahwa bahaya gula pada gangguan kognitif sangat merugikan, apalagi bagi mereka yang menderita diabetes atau berisiko tinggi.

Artinya, meminum kopi hitam atau kopi dengan sedikit krim dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan ingatan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak membuatnya menjadi minuman dengan gula ekstra yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan ya. (mzr/kcm)

 

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …