Riyad Mahrez tertunduk setelah Timnas Aljazair, sang juara bertahan Piala Afrika, terdepak dari turnamen seusai menderita kekalahan 1-3 dari Pantai Gading pada laga terakhir fase Grup E, Jumat (21/1/2022).(AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Tim Anyar Gambia Lolos ke 16 Besar, Berikut Daftar Tim di Piala Afrika 2021

MediaProspek.com – Sebuah kejutan terjadi, tim debutan, Gambia, berhasil melaju ke 16 besar Piala Afrika 2021 di Kamerun.

Gambia selaku peserta debutan Piala Afrika lolos ke 16 besar setelah menduduki peringkat kedua klasemen Grup F usai menang 1-0 atas Tunisia pada laga terakhir Grup F.

Mereka melaju ke 16 besar bersama Mali selaku pemuncak klasemen Grup F dan Tunisia yang lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Gambia dan Mali sejatinya sama-sama mengantongi tujuh poin dari hasil dua kemenangan dan satu kali imbang.

Namun, Gambia harus puas finis di peringkat kedua setelah kalah selisih gol dari Mali.

Laga Gambia vs Tunisia itu berlagsung di Stadion Omnisport, Limbe, Kamerun, pada Jumat (21/1/2022) dini hari WIB. Gambia memenangi laga tersebut berkat gol semata wayang Ablie Jallow pada masa injury time, tepatnya menit ke-90+3.

Selanjutnya, pada 16 besar, Gambia bakal melawan runner-up Grup B, yakni Guinea, yang diperkuat oleh pemain AS Roma Amadou Diawara dan gelandang Liverpool Naby Keita.

Sang Juara Keok
Ketika Gambia selaku tim debutan berhasil menembus 16 besar, sang juara bertahan Aljazair justru harus angkat koper lebih cepat. Timnas Aljazair tersingkir setelah menjadi juru kunci di Grup E Piala Afrika 2021.

Mereka hanya mampu meraih satu poin dari tiga pertandingan. Aljazair dipastikan tersingkir setelah takluk 1-3 dari Pantai Gading pada laga terakhir Grup E, Kamis (20/1/2022) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Aljazair sejatinya memiliki beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan dari Pantai Gading, termasuk lewat eksekusi penalti yang diambil oleh winger Manchester City, Riyad Mahrez.

Namun, Riyad Mahrez gagal memaksimalkan peluang tersebut dan mempersulit langkah Aljazair yang kemudian harus mengakui keunggulan Pantai Gading.

Adapun di Pantai Gading terdapat sederet pemain yang berkarier bersama klub Eropa seperti Eric Bailly (Manchester United), Nicolas Pepe (Arsenal), Wilfried Zaha (Crystal Palace), hingga Franck Kessie (AC Milan).

Setelah mengalahkan Aljazair, Pantai Gading berhak menduduki puncak klasemen Grup E Piala Afrika 2021. Mereka lolos ke 16 besar bersama Guinea Khatulistiwa yang finis di peringkat kedua.

Di 16 besar, Pantai Gading bakal melawan Mesir yang diperkuat oleh bintang Liverpool, Mohamed Salah.

Daftar Tim di 16 besar Piala Afrika 2021:

Juara Grup
Kamerun (Grup A) Senegal (Grup B) Maroko (Grup C) Nigeria (Grup D) Pantai Gading (Grup E) Mali (Grup F)

Runner-up Grup Burkina Faso (Grup A) Guinea (Grup B) Gabon (Grup C) Mesir (Grup D) Guinea Khatulistiwa (Grup E) Gambia (Grup F)

Peringkat Ke-3 Terbaik Cape Verde (Grup A) Malawi (Grup B) Komoro (Grup C) Tunisia (Grup F). (mzr/kcm)

Loading

Check Also

Hari Ini Puncak Haji dan Wukuf di Padang Arafah

Jakarta, Mediaprospek.com – Mulai hari ini, jemaah haji sedang bersiap memasuki puncak haji 2024 dengan …