Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Mau Tahu? Ini Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Perut

Jakarta, MediaProspek.com – Ternyata, selain minum obat, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan ketika mengalami serangan sakit perut.

Tentu saja ada beberapa alasan terjadinya sakit perut. Rasa sakit yang berpusat pada bagian perut ini biasa terjadi ketika makan tidak teratur, mengalami peradangan pada lambung atau infeksi bakteri yang disebabkan makanan.

Gejala sakit perut pun beragam seperti perut kembung, nyeri pada bagian perut hingga merasa mual berlebih.

Cara untuk mengatasinya berbeda tergantung keluhannya. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat saki perut. Selain sebagai pereda sakit, makanan dan minuman ini juga memberi rasa nyaman pada perut.

Dilansir dari Health (13/1) berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk meredakan sakit perut:

1. Pisang

Pisang sering disarankan untuk dikonsumsi ketika sakit perut, terutama bagi penderita maag. Buah berdaging lembut ini memiliki kandungan asam yang rendah sehingga membantu menurunkan kadar asam lambung.

Robynne Chutkan, MD, asisten profesor di divisi gastroenterologi di Georgetown University Hospital di Washington, DC mengatakan pisang mengandung potasium yang dibutuhkan ketika mengalami dehidrasi akibat muntah.

Pisang juga mengandung gula sehingga bisa menjadi asupan kalori saat kamu tak bisa mengasup banyak makanan. Tekstur pisang yang lembut juga membuat buah ini mudah disantap dan dicerna. Pisang juga tinggi serat yang bekerja untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Roti

Ketika sakit perut menyerang karena telat makan, cobalah mengisi perut dengan roti. Kamu bisa menyantap roti langsung atau mengolahnya menjadi roti panggang. Roti menjadi makanan yang aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan refluks asam lambung.

Roti juga cenderung mudah dicerna, tidak seperti makanan berlemak tinggi yang sulit dicerna sehingga membuat perut semakin tak nyaman. Cobalah makan roti tawar tanpa tambahan selai atau mentega hingga kondisi perut tak lagi sakit.

3. Sup

Kaldu adalah makanan yang sangat bagus untuk mengatasi sakit perut. Kuah kaldu sup dapat menghidrasi tubuh sehingga membuat perut merasa lebih nyaman. Sup hangat yang dimasak dengan campuran sayuran juga mudah dicerna oleh tubuh.

“Sup atau kaldu, jika tidak dimasak dengan lemak, sangat mudah dicerna. Ini dapat ditoleransi dengan baik dan tidak membuat mual atau mengalami refluks,” kata Dr. Bhan.

4. Teh herbal

Selain makanan, ada juga minuman yang bisa meredakan sakit perut. Coba pilih teh tanpa kafein untuk memberi efek tenang pada lambung. Kamu bisa memilih salah satunya teh chamomile.

Teh Chamomile bisa jadi pilihan karena dianggap mengurangi peradangan serta memiliki efek menenangkan. Namun tidak semua teh herbal baik dikonsumsi untuk penderita gangguan pada sistem pencernaan. Salah satu yang harus dihindari adalah teh peppermint. Meskipun meredakan mual, tetapi teh peppermint justru menyebabkan rasa mulas.

Meski dari Kelapa, Air Kelapa dan Santan Punya Khasiat Sehat yang BerbedaAir kelapa bisa jadi minuman saat sakit perut Foto: Getty Images/iStockphoto/juankphoto
Baca juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Jika Salah Konsumsi

5. Air kelapa

Selain mengandung elektrolit yang bisa menghidrasi tubuh dengan cepat dan efisien, air kelapa juga mampu meredakan sakit perut karena maag. Tak heran kalau beberapa dokter gastroenterologi menyarankan pasien untuk minum air kelapa ketika mengalami sakit perut.

Air kelapa mengandung gula alami yang memberi kalori untuk energi tubuh. Air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya bagian airnya, daging buah kelapa muda juga aman dikonsumsi karena teksturnya lembut. Tapi pastikan memilih kelapa yang masih muda. (mzr.dtc)

 

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …