Pemain Barcelona asal Amerika Serikat, Sergino Dest, dibayangi oleh dua personel Real Madrid, Vinicius Junior dan Ferland Mendy dalam partai Liga Spanyol bertajuk El Clasico pada Minggu 24 Oktober 2021. (LLUIS GENE/AFP)

Piala Super Spanyol Tampilkan Duel Klasik, Barcelona Versus Real Madrid Kamis Ini

MediaProspek.com – Sebentar lagi, Semifinal Supercopa de Espana atau Piala Super Spanyol tahun ini bakal menyajikan partai panas bertajuk El Clasico, yakni Barcelona vs Real Madrid, di Stadion King Fahd, Riyadh, Arab Saudi, pada Kamis (13/1/2022) dini hari WIB.

Blaugrana, julukan Barcelona, tampil di Piala Super Spanyol tahun ini dengan menyandang status juara bertahan Copa del Rey.

Di sisi lain, Real Madrid mendapatkan tiket Piala Super Spanyol setelah menjadi runner up kasta teratas Liga Spanyol, LaLiga, musim lalu.

Adapun semifinal Piala Super Spanyol lainnya mempertemukan Atletico Madrid (juara bertahan LaLiga) vs Athletic Club (runner up Copa del Rey 2020-2021).

Menilik tren performa dan kondisi skuad, Real Madrid asuhan Carlo Ancelotti lebih diunggulkan daripada Barcelona untuk melangkah ke babak final.

Bersama Ancelotti, Real Madrid tercatat sudah meraih 21 kemenangan, empat kali imbang, dan hanya menelan tiga kekalahan di semua kompetisi musim ini.

Terkini, Real Madrid sukses melibas Valencia dengan skor telak 4-1 pada laga pekan ke-20 Liga Spanyol, Sabtu (8/1/2022).

Kemenangan atas Valencia membuat Real Madrid semakin kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 49 poin dari 21 laga. Los Blancos, julukan Real Madrid, untuk sementara unggul lima angka atas Sevilla yang baru bermain 20 kali dan kini duduk di peringkat kedua.

Salah satu kunci konsistensi Real Madrid musim ini adalah duo Karim Benzema dan Vinicius Jr yang semakin hari kian kompak.

Karim Benzema selaku kapten Real Madrid tercatat sudah mencetak 22 gol dan delapan assist dari total 25 penampilan musim ini. Di sisi lain, Vinicius Jr sejauh ini sudah mencetak 14 gol dans sembilan assist.

Artinya, Karim Benzema dan Vinicius Jr berkontribusi langsung terhadap 84 persen dari total 62 gol yang dicetak Real Madrid musim ini.

Sedangkan penampilan Barcelona di bawah asuhan Xavi Hernandez masih jauh dari kata konsisten. Bersama Xavi Hernandez, Barcelona sudah menyelesaikan total 11 pertandingan di seluruh kompetisi.

Hasilnya, Frenkie De Jong dkk hanya mampu meraih lima kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan dua kekalahan. Xavi Hernandez terlihat masih belum menemukan formula terbaik Barcelona sampai saat ini.

Hal itu terbukti dari formasi bermain Barcelona yang kerap berubah, mulai dari 4-3-3, 5-3-2, 3-3-3-1, hingga 3-4-3. Tidak hanya itu, Xavi juga kerap mengubah komposisi pemain. Hanya ada dua pemain Barcelona yang paling sering diturunkan Xavi Hernadez sebagai starter. Mereka adalah Marc-Andre ter Stegen dan Sergio Busquets.

Dua pemain itu tercatat 10 kali masuk ke dalam starting line up Barcelona pada era kepelatihan Xavi Hernandez.

Menjelang laga melawan Real Madrid, Barcelona sedikit mendapatkan kabar baik setelah Ansu Fati, Pedri, Frenkie De Jong, dan Ferran Torres, dipastikan bisa bermain.

Ansu Fati dan Frenkie De Jong sebelumnya diragukan tampil karena belum 100 persen pulih dari cedera. Di sisi lain, Pedri dan Ferran Torres juga diragukan karena sempat terinfeksi virus corona.

Terkini, Xavi Hernandez memastikan empat nama di atas sudah berlatih dan siap bermain pada laga melawan Real Madrid. Terlepas dari hal itu, peluang Pedri, Ferran Torres, dan Ansu Fati, tampil sebagai starter terbilang sangat kecil.

Sebab, mereka sudah lebih dari dua bulan tidak pernah bermain karena cedera.

Menilik tren performa dan kondisi skuad, Kompas.com memprediksi Real Madrid akan mengalahkan Barcelona dengan selisih dua gol.

Peluang Real Madrid lolos ke final Piala Super Spanyol semakin besar karena mereka tercatat selalu berhasil mengalahkan Barcelona pada empat pertemuan terakhir.

Musim ini, Barcelona dan Real Madrid sudah bertemu satu kali, yakni pada pekan ke-10 Liga Spanyol.

Real Madrid kala itu sukses mempermalukan Barcelona yang masih dilatih Ronald Koeman di Stadion Camp Nou dengan skor tipis 2-1.

Prediksi Susunan Pemain Barcelona Vs Real Madrid: Barcelona (4-3-3): 1-ter Stegen; 18-Jordi Alba, 15-Clement Lenglet, 3-Gerard Pique, 8-Dan Alves; 5-Sergio Busquets, 21-Frenkie De Jong, 30-Gavi; 7-Ousmane Dembele, 9-Memphis Depay, 17-Luuk de Jong Real Madrid (4-3-3): 1-Thibaut Courtois; 17-Lucas Vazquez, 3-Eder Militao, 4-David Alaba, 23-Ferland Mendy; 14-Casemiro, 10-Luka Modric, 8-Toni Kroos; 11-Marco Asensio, 20-Vinicius Jr, 9-Karim Benzema. (mzr/kcm)

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …