Minyak goreng masih bisa dipakai ulang jika Anda menyimpannya dengan cara yang benar.(Unsplash/Ashwini Chaudhary)

Pakai Minyak Goreng Bekas Tak Berbahaya, Asal Perhatikan Hal-hal Ini

MediaProspek.com – Ternyata, mMinyak goreng yang sudah digunakan untuk menggoreng bisa dipakai kembali. Namun, harus dipastikan tampilannya masih jernih dan tidak ada sisa bahan makanannya.

Antara lain, setelah menggunakan minyak goreng, biarkan dulu sampai dingin. Kemudian saring terlebih dahulu dan simpan di dalam wadah. Minyak goreng bekas pakai ini pun bisa digunakan lagi.

Dan, cara menggunakan kembali minyak goreng bekas pakai ala Bonappetit, simak berikut ini.

1. Goreng bahan makanan serupa Minyak goreng akan menyerap rasa apa saja dari makanan yang digoreng. Jika kamu ingin menggunakan kembali minyak tersebut, sebaiknya goreng bahan makanan yang serupa dari sebelumnya.

Jangan menggoreng donat manis menggunakan minyak sisa menggoreng lele, misalnya. Hindari pula menggoreng roti menggunakan minyak sisa menggoreng ayam.

2. Perhatikan urutan memasak Saat menggoreng, perhatikan bahan apa yang akan digoreng terlebih dahulu agar tidak meninggalkan banyak sisa penggorengan di dalam panci.

Jika kamu ingin menggoreng makanan yang dilapisi tepung roti, sebaiknya goreng makanan tersebut pada urutan terakhir.

Remahan tepung roti yang tertinggal nantinya akan ikut digoreng, sehingga dapat membuat minyak menjadi pahit.

3. Jangan buang minyak ke wastafel Minyak goreng bekas yang sudah selesai digunakan jangan dibuang ke wastafel. Tindakan ini dapat berdampak buruk pada pipa pembuangan dan untuk lingkungan.

Apabila dirasa minyak sudah tidak layak pakai, sebaiknya masukkan sisa minyak ke dalam botol sebelum dibuang agar minyak tidak berceceran. (ht/mzr/kcm)

Loading

Check Also

Menang di All England, Kini Tim Bulu Tangkis Indonesia Berjuang di Piala Thomas dan Uber Cup 2024

Mediaprospek.com – Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di Piala Thomas-Uber Cup 2024 yang bakal …