Salah satu rumah warga di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara yang rusak akibat gempa magnituso 5,5 pada Senin (10/1/2022). Dok. BPBD Halmahera Utara(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)

Gempa 5,5 SR Rusak 57 Rumah dan 3 Tempat Ibadah di Halmahera Utara

MediaProspek.com – Kembali gempa bumi tektonik magnitudo 5,5 menggetarkan puluhan rumah dan tempat ibadah di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pada Senin (10/1/2022) pukul 06.59 WIT pagi tadi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Utara, Heny Tonga dihubungi Kompas.com via telepon mengatakan, gempa dirasakan di beberapa kecamatan di Halmahera Utara, yakni Kecamatan Tobelo Barat dan Kecamatan Kao Barat.

Dari dua kecamatan itu, Kao Barat yang paling merasakan dampaknya, di antaranya Desa Kusuri, Desa Wangongira, Desa Soamaetek, Desa Pitago dan Desa Kai.

Data sementara, kata dia, ada 57 unit rumah dan fasilitas umum empat unit yang rusak. Dari 57 rumah yang rusak itu, 34 di antaranya rusak ringan, 18 rumah rusak sedang, dan 5 rumah rusak berat.

Sementara 3 rumah ibadah rusak ringan serta 1 unit kantor Desa Kusuri rusak ringan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email

Selain kerusakan bangunan, terdapat warga yang terluka yakni satu warga patah tulang serta satu luka ringan. “Itu data sementara, dan hingga saat ini petugas kita masih mendata di lapangan,” kata Yeni.

“Kita juga rencanakan akan bangun tenda di lapangan sebagai langkah antisipasi,” imbuhnya. Sebelumnya gempa magnitudo 5,1 juga mengguncang Halmahera Utara pada Sabtu (8/1/2022). Hanya saja gempa saat itu itu tidak ada kerusakan bangunan maupun korban jiwa. (ht/mzr/kcm)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …