Ilustrasi kapal selam Rusia.(SHUTTERSTOCK)

Kapal Selam Rusia Tabrak Kapal Perang Inggris, Apakah Terjadi Pertempuran

MediaProspek.com – Peristiwa langka terjadi pada kapal selam Rusia yang dilaporkan bertabrakan dengan kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang berpatroli di Atlantik Utara.

Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi kecelakaan tersebut sebagaimana dilansir BBC, Kamis (6/1/2022). Kecelakaan tersebut melibatkan kapal fregat HMS Northumberland milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

BBC melaporkan, insiden tersebut rupanya terjadi pada akhir 2020 dan tertangkap kamera kru stasiun televisi yang sedang merekam serial dokumenter.

Kala itu, kru dari Channel 5 sedang merekam serial berjudul Warship: Life at Sea.

Seorang sumber dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, tidak mungkin tabrakan itu disengaja.

HMS Northumberland awalnya sedang mencari kapal selam di Lingkaran Arktik setelah menghilang dari radar kapal.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, kapal fregat itu kemudian menemukan kapal selam menggunakan sonar array. Tak lama kemudian, kapal selam tersebut menabrak sonar HMS Northumberland.

Kamera dari kru televisi yang kebetulan merekam insiden turut merekam para kru yang berteriak, “Apa-apaan itu?”. Tidak jelas apakah ada kerusakan yang diderita oleh kapal selam Rusia tersebut.

Tetapi, HMS Northumberland harus kembali ke pelabuhan di Skotlandia untuk mengganti peralatan yang rusak.

Ada peningkatan aktivitas kapal selam Rusia dalam beberapa tahun terakhir, dan fregat Angkatan Laut Kerajaan Inggris secara teratur berpatroli di Atlantik Utara.

Kementerian Pertahanan Inggris biasanya tidak mengomentari operasi mereka. Namun, mereka mengonfirmasi insiden tersebut karena tertangkap kamera. Seorang juru bicara mengatakan, pada akhir 2020, sebuah kapal selam Rusia yang dilacak oleh HMS Northumberland “berkontak” dengan sonarnya.

“Angkatan Laut Kerajaan rutin melacak kapal dan kapal selam asing untuk memastikan pertahanan Inggris,” kata juru bicara tersebut. (ht/mzr/kcm)

Loading

Check Also

Wafatnya Presiden Iran Sempat Menaikkan Harga Minyak Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian meninggal karena …