Risma, TKW cantik yang sukses di Arab Saudi. (Foto: Dok. Youtube Faiz Selamet)

Semangat, Doa dan Yakin, Modal Risma Asal TKW Jadi Miliader

MediaProspek.com – Ini kisah Tenaga Keja Wanita (TKW) yang sukses memiliki bisnis catering haji dan cemilan Indonesia. Bahkan namanya sudah terkenal di kota Mekah, Madinah dan Jeddah.

Wanita tersebut mengaku tidak lulus SD, namun penghasilannya 1 Juta Real atau sekitar Rp 3,7 Miliar pada saat melayani catering haji plus di tahun 2010.

Wanita itu bernama Risma yang membuka usaha camilan selama pandemi karena bisnis cateringnya terhenti. “Kita harus lebih semangat, banyak berdoa dan harus yakin kalau kita bisa sukses,” tuturnya.

Usaha camilannya sendiri sudah masuk ke semua toko camilan Indonesia di Arab Saudi. Dan bisnisnya tersebut sudah memproduksi 33 jenis camilan.

“Nggak ada lulus SD, saya hanya lulus kelas 5 SD. Dulu saya tidak melanjutkan sekolah karena ekonomi. Sekarang saya sudah mempunyai tiga anak,” ungkap Risma di akun Youtube Faiz Slamet.

Dalam video yang berdurasi 20.27 menit ini ia enggan menjelaskan penghasilan yang diperolehnya dari bisnis camilan. “Omzet camilan ini nggak menentu, kita sementara ini ada pemasukan karena untuk mengisi waktu selama pandemi,” ujarnya.

“Cita-cita saya ingin membangun lembaga aja di Indonesia. Lembaga seperti pondok pesantren dan yatim piatu ada cita-cita seperti itu,” ucap Risma lagi.

Risma mengatakan semua karyawannya ia buatkan kamar khusus agar nyaman dalam bekerja. Faiz pun bertanya ke salah satu karyawan Risma mengenai sosok sang bos.

“Alhamdulillah baik Masya Allah, gaji sekitar Rp 15 juta per bulan tergantung laris atau nggaknya. Saya kerja sama istri saya. Kalau laris ditambah gajinya,” ucap salah satu karyawan.

Dalam video YouTube tersebut, Risma memperlihatkan seluruh kamar dari apartemen yang ia punya. “Di sini ada empat lantai dan ada 27 kamar. Cuma nggak ditempatin semua. Ada juga yang kosong,” terangnya.

Rumah tersebut memiliki rooftop yang luas. Ia menyebutkan harga sewa apartemen yang ia miliki. “Sewa apartemen 130.000 Real atau sekitar Rp 500 juta per tahun,” ungkap Risma.

Selain itu ia mempunyai mobil mewah Toyota Rav4 yang harganya lebih dari 100.000 Real atau sekitar Rp 381 juta. Mobil mewah warna hitam tersebut berada di lantai empat apartemen Risma. (ht/mzr/dtc)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …