KAPOLRESTA BARU - Kombes Pol Rachmat Hendrawan sebelum meninggalkan Polresta diusung anggota Satpolair usai upacara Pedang Pora, begitu juga Kapolresta baru Kombes Pol Sabana AS siap melanjutkan program pimpinan, Selasa (4/1/2022) sore. (foto:sum/brt)

Kombes Pol Sabana AS Pimpin Polresta Banjarmasin

Banjarmasin, MediaProspek.com – Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito resmi menggantikan Kombes Pol Rachmat Hendrawan Kapolresta Banjarmasin, kemarin (4/1/2022).

Ini ditandai dengan upacara kenaikan pangkat dan sertijab di Mapolda Kalsel hingga dilanjutkan acara penyambutan mapolresta dengan Tradisi Pedang Pora dan Tari Baksa Kembang.

Seperti diketahui, Kombes Sabana sendiri bukanlah orang baru. Selama ini dia merupakan Wakapolresta Banjarmasin, bahkan dulunya sebagai pamen pertama yang pernah menjabat Kapolsek Banjarmasin Tengah saat dengan pangkat Kompol.

Karir kapolresta baru ini sebelumnya juga pernah menjabat Kapolres HST. Dengan demikian Sabana sudah mengetahui betul daerah Kalsel ini. Pria yang dikenal humanis dan ramah itu pun siap menjaga kamtibmas di kota seribu sungai ini.

Sedangkan Kombes Pol Rachmat Hendrawan yang memimpin Polresta Banjarmasin selama hampir dua tahun dan kini menjadi Karo Ops Polda Sulawesi Barat (Sulbar) mengaku senang selama kepemimpinannya. Karena warga asli Banjar dari Barabai, Kabupaten HST ini tahu betul karakter warga banua.

Kombes Rachmat menegaskan bahwa selama ini tak perlu diragukan lagi untuk kinerja anggotanya. “Saya cukup salut dan bangga kepada anggota itu,”kesannya.

Dia berpesan kepada anggotanya, lanjutkan dedikasi loyalitas kepada satuan, hingga berkembang lebih maju lagi. “Saya kan orang sini jadi masyarakatnya sudah tahu, juga semoga sama-sama menjaga kondusifitas keamanan di wilayah di Banjarmasin,” ungkap dia.

Kombes Pol Sabana menambahkan, tugas polisi harus patuh terhadap pimpinan. Kemudian membantu pemerintah dalam hal tugas negara dan mendorong bagaimana prinsip ekonomi untuk pembangunan dapat berkembang dari keterpurukan lantaran wabah Covid-19.

Kapolresta baru ini juga menyatakan, tugas utama mereka adalah mengerem wabah Covid-19 apalagi ada varian baru Omicron yang mesti diwaspadai. “Selain itu secara internal, Polri yang Presisi atau Prediktif, Responsif dan transparansi berkeadilan betul-betul dilaksanakan dengan baik,” tandas Sabana.

“Hal itulah yang paling penting dari program kapolri ini, tidak ada visi misi yang lain hanya satu ya satu perintah dari atas. Selanjutnya membantu Pemerintah dalam program pembangunan dan percepatan vaksinasi,” Sabana menambahkan.

Dia berharap, pada gilirannya akan meningkatkan ekonomi warga Kota Banjarmasin. Menurut dia, sebab bila masyarakat sehat tentunya outputnya terlayani dengan baik yang pada akhirnya masyarakat bisa terpuaskan oleh pelayanan polisi.

Dia juga minta agar anggota peka terhadap keluhan masyarakat dan tahu bagaimana cara menanganinya. “Masyarakat itu bukan musuh lho, namun adalah saudara-saudara kita yang harus kita layani,”tandasnya.

Selanjutnya keinginan Kombes Rachmat. membuat Videotron, hal itu sudah disiapkannya bahwa memang ada rencana itu.”Semoga bisa berguna bagi masyarakat juga program kegiatan pembangunan nasional, “pungkas Kombes Pol Sabana AS ini. (ht/mzr/ptr)

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …