Ilustrasi nasi gegok dan lauk gorengan. (SuryaMalang/Aflahul)

Harga yang Murah dan Nikmat, Makanan Khas Petani Ini Disukai Wisatawan

MediaProspek.com – Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur punya makanan terkenal karena harganya yang terjangkau. Nasi gegok nama makanan tersebut.

Nasi gegok lebih dikenal sebagai makanan khas wilayah Kecamatan Bendungan. Umumnya nasi gegok terdiri nasi punel (nasi pulen dan menggumpal) yang ditambahkan sambal dan lauk.

Lauk isian nasi gegok biasanya terdiri dari lauk ikan teri. Namun bisa juga dengan lauk lain seperti tuna dan ampela.

Nasi gegok dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus sehingga memiliki aroma yang khas. Seporsi nasi gegok dijual dengan harga Rp 3.000. Harga yang relatif terjangkau ini sebanding dengan ukuran nasi gegok yang terbilang sedikit.

Namun demikian, nasi gegok disukai banyak orang. Salah satu warung yang menjual nasi gegok di Trenggalek adalah Warung Kopi Deplok.

“Sehari kami bisa jual 200-an bungkus nasi gegok,” kata Susanti, salah seorang karyawan Warung Kopi Deplok, salah satu tempat yang menjajakan nasi gegok.

Susanti mengatakan nasi gegok banyak dibeli wisatawan. “Karena kalau orang Trenggalek sendiri, sudah sering. Jadi banyak orang beli untuk dibungkus dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang,” ujarnya.

Konon menurut warga Trenggalek, nasi gegok dulunya adalah bekal para petani di Kabupaten

Cara masaknya yang mudah dan penyajiannya yang ringkas membuat makanan ini jadi andalan mereka yang bekerja di sawah atau kebun.

Lambat laun, nasi ini diolah menjadi menu yang dijual untuk masyarakat.  (ht/mzr/kpc)

 

Loading

Check Also

Brigade Al Qassam Hamas dan Israel Bentrok di Gaza Utara, 12 Tentara Tewas

Mediaprospek.com – Pasukan sayap bersenjata kelompok pejuang Palestina Hamas, Brigade Al Qassam mengumumkan telah berhasil …