Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain pada laga uji coba melawan Tajikistan U23 di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (19/10/2021) malam WIB.(DOK. PSSI)

Di Piala AFF U23 2022, Timnas Indonesia Pun Jadi Ancaman Bagi Lawannya

MediaProspek.com – Timnas Indonesia akan memiliki skuad yang layak diperhitungkan atau bahkan ditakuti dalam pergelaran Piala AFF U23 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang.

Pada Piala AFF U23 2022, Shin Tae-yong selaku pelatih berencana membawa pemain-pemain muda yang sebelumnya telah mendapat banyak pengalaman di Piala AFF 2020. Shin Tae-yong yakin, dengan pengalaman yang diraih pada Piala AFF 2020, pemain muda Indonesia akan membentuk tim tangguh untuk kemudian mengincar gelar Piala AFF U23 2022 di Kamboja.

Keyakinan Shin Tae-yong tetap berlaku meski terdapat kemungkinan absennya empat pemain muda yang berkarier di luar negeri. Baca juga: Jadwal Piala AFF U23 2022, Ajang Pembuktian Garuda Muda Keempat pemain tersebut ialah Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia), Egy Maulana Vikri (FK Senica, Slovakia), Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris), dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan).

“Saya akan membawa skuad yang ada saat ini, tetapi pemain yang merumput di luar negeri seperti Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi mungkin tidak bisa ikut AFF U23,” kata Shin Tae-yong.

“Sisanya, semua akan dibawa untuk membangun tim yang kuat ke depannya,” ujar Shin Tae-yong. Shin Tae-yong pun meyakini bahwa skuad Garuda Muda memiliki peluang besar pada Piala AFF U23 2022.
Keyakinan Shin Tae-yong muncul setelah melihat penampilan impresif yang ditunjukkan para pemain muda selama pergelaran Piala AFF 2020 di Singapura. Pada Piala AFF 2020, para pemain muda disebut menjadi tulang punggung di balik permainan timnas Indonesia.

Pakar sepak bola Vietnam, Vu Manh Hai, memuji semangat dan kekuatan fisik pemain muda Indonesia. Dia juga mengatakan bahwa timnas U23 Indonesia akan menjadi lawan yang sulit bagi Vietnam. Vu Manh Hai sejatinya membicarakan ancaman Indonesia untuk ajang SEA Games 2021 Vietnam yang mundur ke 12-23 Mei 2022 karena pandemi virus corona.

Namun, tampaknya ancaman itu juga akan berlaku pada Piala AFF U23 2022 yang akan berlangsung tiga bulan sebelumnya. Dengan kata lain, Indonesia berpotensi membawa komposisi pemain yang tak jauh berbeda pada Piala AFF U23 2022 maupun SEA Games 2021.

“SEA Games ke-31 akan berlangsung tahun ini dan informasi terbaru menunjukkkan bahwa Indonesia adalah lawan paling potensial,” kata Vu Manh Hai, dikutip dari Soha VN. “Kami tidak tahu bagaimana kekuatan Thailand U23, tetapi melihat Indonesia, mereka tampaknya lebih unggul dari timnas Vietnam U23,” ujar Vu Manh Hai.

Pada Piala AFF U23 2022, Indonesia akan bersaing dengan 10 negara lain di kawasan Asia Tenggara. Skuad Garuda Muda bakal memulai perjuangan dari Grup B, bersaing dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Adapun Grup A dihuni oleh tim tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sementara itu, Grup C hanya diisi tiga tim, yakni Thailand, Vietnam, dan Singapura. (ht/mzr/kpc)

Loading

Check Also

Malam Ini Hingga Dini Hari Esok, Kroasia Vs Albania dan Jerman Vs Hungaria di Fase Kedua Piala Eropa 2024

Munich, Mediaprospek.com – Tak terasa bagi penggemar sepak bola yang kini tertuju di pertandingan Piala …