Optimalisasi PAD : Komisi II DPRD Kalsel usai melakukan studi banding dan sharing informasi berfoto bersama dengan jajaran Bapenda Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat, (18/12/21), (foto/Sar/jal)              

Komisi II Gali Informasi Optimalisasi Pendapatan Daerah di Bapenda Kalteng

Palangka Raya, mediaprospek.com–Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 ini melampaui target. Pendapatan tersebut didapat dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan retribusi jasa usaha. Mekanisme optimalisasi PKB di Kalimantan Tengah, di mana Kabupaten/kota juga ikut mendukung pembuatan Samsat bantu agar bisa memudahkan masyarakat di wilayah yang jauh dari kota dalam membayar pajak. Hal inilah yang menjadi perhatian Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) saat melakukan studi banding pada kunjungan kerja (kunker)nya dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, pada Jumat (18/12).

Plt. Kepala Bapenda Kalimantan Tengah, Anang Dirjo, S.P., M.M, menjelaskan, peningkatan PAD Kalteng juga didukung dengan adanya koordinasi terkait Pajak Air Permukaan (PAP).  Di mana Dinas Perkebunan dan Dinas Kehutanan juga ikut mem-back up, terutama untuk masalah  pendataan dan juga pengawasan di lapangan.

“Selain itu terkait keringanan dalam pembayaran pajak, pajak progresif di Kalimantan Tengah diberi potongan lima puluh persen untuk masyarakat yang memiliki tunggakan,” tambah Anang Dirjo didampingi Kepala Sub Bidang Pajak Daerah Lainnya, Hendra Purnama, S.I.P menjelaskan.

Anggota Komisi II, H. Haryanto, S.E menggarisbawahi mekanisme optimalisasi PKB di Kalimantan Tengah yaitu, pertama, di mana Kabupaten/kota ikut turut serta mendukung pembuatan Samsat bantu dan kedua adanya koordinasi dengan Dinas Perkebunan dan Dinas Kehutanan juga ikut mem-back up dan ketiga adanya potongan lima puluh persen untuk masyarakat yang memiliki tunggakan

Komisi II DPRD Kalsel melakukan studi banding bersama Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pengendalian dan Evaluasi Pendapatan Daerah (P3EPD) Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan, Rahmanita Ariffin, S.E., M.A.P, dalam rangka bertukar informasi ke Bapenda Kalimantan Tengah terkait dengan strategi optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah pada struktur pendapatan daerah yang berjalan di Kalimantan Tengah. (Mzr/Fad/Jal).

Loading

Check Also

Asia Hanya Diwakili Jepang, Ini 25 Negara Penduduknya Paling Ramah di Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Mengutip dari Travel + Leisure, Rabu (17/7/2024) yang berdasarkan sebuah studi terbaru, …