Tingkatkan pengetahuan : 116 peserta perwakilan Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu ketika mengikuti kegiatan Fasilitator Program YESS marathon selama tiga hari, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu (06/11/2021). (Foto/Mzr).

Kementan Perkuat Kapasitas Fasilitator, Melalui  Knowledge Management and Upgrading

Tingkatkan pengetahuan : 116 peserta perwakilan Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu ketika mengikuti kegiatan Fasilitator Program YESS marathon selama tiga hari, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu (06/11/2021). (Foto/Mzr).

Banjarmasin, mediaprospek.com – Guna mendukung keberhasilan program YESS di Kalimantan Selatan, Kementerian Pertanian melalui SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku PPIU Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Kerjasama Provinsi dengan tema “Knowledge Management and Upgrading”  di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Kegiatan sendiri bertujuan untuk membangun sinergitas dan menyadarkan Financial Advisor, fasilitator muda, mobilizer dan DIT agar memahami dan menyadari mengenai program YESS yang sesungguhnya.Sedikitnya  116 peserta mengikuti kegiatan marathon selama tiga hari ini.Mereka merupakan perwakilan Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, notabene adalah financial advisor, Mobilizer dan fasilitator muda.Kegiatan sendiri dipusatkan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin mulai  Kamis hingga Sabtu, 4 Nopember hingga 6 Nopember 2021.

Project Manager (PM) PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana, kepada wartawan mengatakan peran fasilitator sangat diharapkan untuk membantu mobilizers dalam mengidentifikasi Calon Penerima Manfaat program YESS di daerah seperti Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu. Tak hanya itu dalam Kerjasama Provinsi “Knowledge Management and Upgrading”, sejumlah peserta mendapat overview tentang program-program yang sudah dijalankan dan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Forum ini merupakan forum yang kita manfaatkan utuk sharing pengetahuan kemudian pengalaman, informasi-informasi terkini terkait program YESS baik yang nasional maupun provinsi.Sehingga teman-teman di lapangan dibimbing DIT, Mobilizer dan fasilitator , akan dapat melaksanakan kegiatan lebih baik lagi.Evaluasi-evaluasi terkait dengan pemagangan, pelatihan itu kami sharingkan,” kata Project Manager (PM) PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana, Sabtu (06/11/2021).

Kegiatan Kerjasama Provinsi mengusung tema “Knowledge Management dan Upgrading” menghadirkan sejumlah pakar ini, seperti Sudirwo, mendapat perhatian khusus ratusan. Terlebih materi-materi dalam pembekalan kali ini semakin berbobot dan memotivasi mereka untuk mampu bekerja dengan baik dan mengimplementasi sesuai kebutuhan dan penanganan cepat masalah di lapangan yang dihadapi para petani milenial. Terlebih saat ini pembaharuan SDM pertanian terus dilakukan untuk kaderisasi petani terus berjalan, sehingga tidak tertinggal dalam akses teknologi, dan akses pemasaran.

“Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi kami terutama fasilitator yang berhubungan langsung dengan CPM (Calon Penerima Manfaat) di lapangan. Karena disini kami bisa mendapatkan wawasan apa saja yang harus diketahui untuk memberikan informasi-informasi akurat kepada CPM, yang tak kalah penting adalah memotivasi para pemuda milenial untuk mencintai pertanian,” ungkap Rina Puji Lestari, Fasilitator Program YESS Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, kepada para wartawan.

Senada dengan itu Damai, Fasilitator Program YESS  Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut mengaku surprise bisa mendapatkan pengetahuan tambahan yang didapatkan selama mengikuti Kerjasama Provinsi dengan tema “Knowledge Management and Upgrading”  di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

“Berbicara pertanian itu ternyata bukan hanya bercocok tanam semata, namun dari hulu ke hilir.Mulai budidaya, pengolahan sampai dengan pemasaran.Pelatihan ini seperti yang Pak Angga sampaikan akan melihat sisi lain fungsi fasilitator yang sesungguhnya.Ini keren sekali,” ucap Damai.

Fasilitator Program YESS Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Rina Puji Lestari, ketika memberikan materinya di hadapan para peserta, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu (06/11/2021). (Foto/Mzr). 

Pada kesempatan itu Konsultan Youth Entrepreneurship Specialist PPIU Kalsel, Sudirwo Sudirwo menyampaikan perlunya para fasilitator memahami secara utuh tentang program YESS itu sendiri. Sehingga di lapangan dapat  mengembangkan program ini, terutama dalam meningkatkan kapasitas penerima manfaat program dalam melakukan regenerasi petani.

“Materi yang saya sampaikan antara lain pengertian pendamping, karakteristik pendamping, mentoring bisnis yang efektif, siklus hidup mentoring dan mentoring berbasis digital dengan menggunakan platform MicroMentor” sebut Sudirwo, yang dikenal pula sebagai Master Mentor SIGAP UMKM Kementerian Koperasi dan UKM yang bekerjasama dengan Micro Mentor Indonesia.

Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD, program ini pun berkelanjutan dan fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Harapannya melalui program ini mampu membangun kembali citra positif dunia pertanin di kalangan generasi muda atau milenial. (M.Zakir).

Loading

Check Also

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hengkang dari Wilayah Palestina

Mediaprospek.com – Kembali, pengadilan tertinggi PBB pada Jumat (19/7/2024) memutuskan, pendudukan Israel atas wilayah Palestina …