Komisi II sangat Menyayangkan jika Terjadi Kenaikan Tarif PDAM Bandarmasih Diberlakukan

Ketua Komisi II Imam Suprastowo ketika ketika dimintai komentarnya oleh para wartawan di ruang kerjanya, mengenai wacana kenaikan tarif PDAM Bandarmasih, Kamis (16/09/21), siang. (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediapropsek.com– Komisi II DPRD Kalsel sangat menyayangkan jika wacana kenaikan  tarif PDAM Bandarmasih diberlakukan, karena saat ini masyarakat masih dalam masa ekonomi yang sulit. Komisi II menyarankan agar jangan dilakukan kenaikan tarif dulu, karena walau bagaimanapun hal ini akan menjadi beban bagi masyarakat..

Dengan adanya usulan kenaikan tarif PDAM Banjarmasin yang diperkirakan mencapai dua kali lipat oleh Pemko Banjarmasin, yang nantinya akan ditetapkan oleh Gubernur adalah merupakan usulan dari Bupati dan Walikota berdasarkan Permendagri No. 21 tahun 2020.

Usulannya itu dari Kab/Kota, yang besarannya tidak sama, karena sesuai dengan kepentingan Kab/Kota sendiri, Bupati/Walikota menetapkan setelah semua itu dikirim ke Mendagri (ke Ditjen otonomi daerah) sebelum disahkan oleh Gubernur.

Setelah semuanya terkumpul, sebelum ditetapkan oleh Gubernur, usulan dikirim ke Kementrian Dalam Negeri dan dievaluasi. Apakah diterima atau ditolak, nanti Mendagri yang akan menetapkan. “Semoga saja ada pengurangan, karena kita sama-sama tahu, kita masih dalam masa pandemi. Ekonomi masih sulit, masyarakat masih kesulitan, kalau ini dinaikkan, apalagi isunya dua kali lipat, Insya Allah nggak sampailah,” kata Ketua Komisi II Imam Suprastowo ketika dimintai komentarnya oleh para wartawan di ruang kerjanya, kamis (16/09/21), siang.

“Karena di situ nanti ada tarif bawah dan tarif atas, paling bawah dan tertinggi, ini yang diambil yang mana,” tambah Imam Suprastowo.

Komisi II tidak pada posisi untuk menolak, karena kewenangannya ada di eksekutif. Dan Dewan tidak diikutsertakan mengenai masalah kenaikan tarif ini. Juga hal ini bukan Gubernur yang menentukan, Gubernur hanya mengakomordir saja,” ujar Imam Suprastowo.  (Ais/Mzr)

 

 

Check Also

Warga Minta Renovasi Rumah Ibadah dan Perbaikan Jalan

Berfoto bersama : Usai dilaksanakannya reses, warga Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, berfoto bersama dengan Ketua …