HMI Banjarmasin Audensi ke Dewan Kalsel Terkait Kebijakan PPKM

Banjarmasin, mediaprospek.com–Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banjarmasin menyampaikan aspirasi terkait pelaksanaan PPKM dan vaksinasi di Banjarmasin  ke Dewan Kalsel dengan melakukan audensi yang diterima oleh Komisi IV DPRD Kalsel, Rabu (1/09/21).

Kepada Komisi IV, Mahasiswa HMI menyampikan, banyak kekurangan-kekurangan mengenai kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), diantaranya keberatan  kartu vaksin sebagai satu syarat administrasi bahkan satu syarat masuk tempat umum dan ketersediaan vaksin yang dirasakan sangat kurang.

“Kami sekedar sharing, itu memang banyak sekali hal-hal yang kita sepakati, di mana banyak kekurangan yang kita rasakan. Banyak hal-hal yang bahkan merugikan bagi masyarakat terkait kebijakan PPKM ini. Terutama kartu vaksin sebagai satu syarat administrasi dan sebagai syarat masuk tempat umum. Itu salah satu yang menjadi sama-sama keberatan bagi kita. Apalagi juga vaksinasi yang serba masih kekurangan, sulit dicari, juga  menjadi perhatian kita semua,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H. Lutfi Saippudin kepada wartawan saat audensi dengan mahasiswa HMI, Rabu, (01/09/21).

“Kita harapkan juga, mereka bisa mengunjungi Pemko Banjarmasin untuk menanyakan langsung secara detail bagaimana kondisi sebenarnya yang ada di Kota Banjarmasin, karena kami tentu tidak bisa menjawab kalau untuk wilayah Kota Banjarmasin saja, karena kewenangan yang berbeda,” ujar Lutfi.

“Ini salah satu referensi dari keluhan masyarakat Kalsel dan kami tentu sangat prihatin sekali mengenai kondisi seperti ini. Kami harapkan pemerintah, sekali lagi betul-betul membuat kebijakan harus dilandaskan dengan kepentingan rakyat. Jangan hanya kepentingan satu golongan saja, apalagi yang kebijakan bisa mengganggu perekonomian masyarakat,” tandas H. Lutfi.

“Masyarakat kita sudah sangat menderita akibat pandemi ini terutama perekonomian, jangan lagi ditambahi dengan kesulitan-kesulitan yang baru seperti pembatasan-pembatasan dan sebagainya,” tambah H. Lutfi.

“Kepada Pemko Banjarmasin, saran saya untuk lebih lagi memperketat tempat berkerumun-kerumunnya, bukan hanya  di tempat-tempat umum tapi juga di tempat-tempat hiburan. Ini yang tentu menjadi perhatian kita dan tidak perlu buru-buru pertemuan tatap muka di sekolah (PTM). Karena sesuai kewenangan kan PTM Kab/Kota ini untuk SD dan SMP. Nah ini sangat rentan sekali untuk anak-anak kita yang masih SD dan SMP ini, sulit sekali mereka memahami bagaimana cara disiplin untuk melaksanakan  protokol kesehatan,” jelas H. Lutfi.

“Lebih baik kalau saya berkeinginan PTM ini dimulai dari tingkatan atas, mulai dari Universitas, SMA/SMK sederajat baru turun-turun sampai tingkat PAUD, baru pelaksanaannya. Kami harapkan semua harus bersabar,” imbuih H. Lutfi.

“Ya saya rasa belum saatnya kita melaksanakan PTM. Kami baru bisa mengamini pelaksanaan PTM apabila, pertama, seluruh siswa yang melaksanakan PTM itu sudah divaksin, guru-guru yang mengajar sudah divaksin, kemudian menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang harus diterapkan dan SOP yang sudah ditetapkan oleh Kementerian terkait PTM,” cetus H. Lutfi.

“Dan satu lagi yang lebih penting adanya sistem evaluasi terhadap siswa-siswa yang PTM ini, sehingga apabila ada temuan bisa cepat tertanggulangi,” lanjut H. Lutfi.

“Terkait Bansos juga dipertanyakan belum meratanya diberikan. Kenapa ? mereka tidak melihat katanya. Kami hanya bisa menjawab, bahwa sejak PPKM pertama kemaren, kami dari Komisi IV langsung berkunjung ke Bulog Divri Kalsel. Di sana kami mendapatkan penjelasan bagimana distribusi bantuan pangan tunai maupun non tunai yang diberikan oleh pemerintah pusat, yang mana Bulog bekerjasama dengan PT. POS Indonesia membagikan bantuan sosial berbentuk beras kepada yang berhak menerima,”pungkas H. Lutfi. (Ais/Mzr)

Loading

Check Also

Gol Salto Junior Lionel Messi di Timnas Argentina Raih Terbaik di Liga Inggris 2023-2024

Mediaprospek.com – Gol Alejandro Garnacho tercipta saat Manchester United bertamu ke Everton pada pekan ke-13 …