Dispora Kalsel Gelar Kegiatan Pepelingasih Tahun 2021

Pepelingasih Ciptakan Lingkungan Hidup yang Asri, Bersih  dan Sehat

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) adalah merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI dalam bentuk pemberdayaan Pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan di suatu daerah.

Setiap tahun, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akan melaksanakan pemilihan Duta Pepelingasih secara berjenjang, di mana pada tingkat pusat nanti akan  diikuti Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan bersih dari 34 Provinsi se Indonesia.

Duta Pepelingasih adalah duta yang nantinya berkontribusi untuk menjaga lingkungan dan mengeduksi tentang lingkungan Asri dan Bersih.

Adapun di Provinsi Kalimantan Selatan, maka hal tersebut setiap tahunnya diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) provinsi Kalimantan Selatan. Bertempat di Hotel Amaris Km 6,5 dengan tetap menggunakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kegiatan berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 1 sampai dengan 4 September 2021.

“Harapan kita adalah kita ingin agar ada pemuda yang mendarma baktikan pikiran dan tenaganya untuk agar bagaimana tercipta lingkungan hidup yang sehat dan bersih sekaligus menjadi agen pemerintah Prov. Kalsel untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Prov Kalsel,” kata Kepala Dispora Kalsel Drs. H. Hermansyah, M.si kepada wartawan , Rabu (1/09/21).

“Mereka ini adalah agen-agen kita, kepanjangan tangan kita yang nanti akan membantu kita baik itu nanti mensosialisasikan bagaimana agar lingkungan hidup kita semakin baik, juga mungkin mereka akan turun ke lapangan langsung memulihkan lingkungan hidup yang mungkin masih sangat kritis,” jelas Hermansyah.

Pada gelaran, Hermansyah mengatakan, jajaran Pemprov Kalsel lebih khusus Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Kalsel mengucapkan selamat dan sukses kepada adik-adik yang telah mewakili Kab/Kotanya mengikuti seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) tingkat Prov Kalsel.

“Berarti adik-adik sekalian, selain ditunjuk mungkin sudah melewati seleksi di Kab/Kotanya, datang kesini adalah perwakilan terbaik di Kab/Kotanya masing-masing. Tentu ketika masuk, sudah menjadi orang-orang terbaik dan yang terbaik akan menjadi yang lebih baik lagi, Best of the best, terbaik di tingkat prov Kalsel. Tetapi karena saat ini ada Pandemi Covid-19 maka kegiatan sementara, seperti tahun kemaren ditiadakan dan tahun ini mudah-mudahan nanti kalau memang ada seleksi di tingkat nasional, maka kita sudah siap,” imbuh Hermansyah.

“Jadi artinya kita melaksanakan kegiatan adalah rangka persiapan kalau memang nanti Kemenpora melaksanakan kegiatan Pepelingasih tingkat nasional,” tambah Hermansyah.

Keberadaan para pemuda yang peduli lingkungan dalam prakteknya akan bergelimang dengan sampah. Kemudian akan bersusah payah menanam pohon dan sebagainya, inilah yang akan menjadi tugas duta lingkungan, duta Pepelingasih. Artinya lingkungan yang sehat dan bersih, tentu sehat dan bersih, dan hal tersebut  tidak mudah. Selain itu juga tidak banyak para pemuda yang mau berkecimpung di situ.

“Nah, jadi adik-adik yang mengikuti seleksi ada 26 orang, tentu adalah generasi-generasi terbaik yang akan memulihkan lingkungan hidup di Prov. Kalsel. Artinya walaupun nanti tidak terpilih menjadi duta Pepelingasihnya, tetapi paling tidak kalian akan menjadi kepanjangan tangan kami nanti, untuk bagaimana agar Kalsel ini selalu bersih dan mungkin bebas sampah, kita harapkan seperti itu,” tandas Hermansyah.

Peran aktif pemuda ini di berbagai sektor sangat diharapkan. Karena estafet kepemimpinan memang harus disiapkan, para pemuda-pemuda disiapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, sehingga kegiatan-kegiatan kesinambungan program akan selalu dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Kalsel.

Untuk menyiapkan generasi-generasi penerus, sehingga berbagai program kegiatan ini selalu dilaksanakan, artinya bukan hanya program-program kepemimpinan saja, tapi adalah bagaimana agar program-program termasuk pemulihan lingkungan hidup juga dilaksanakan.

“Oleh karena itu,  setiap tahun Pepelingasih ini akan selalu kita laksanakan, supaya para pemuda mau turun langsung terlibat aktif dalam rangka pemulihan lingkungan hidup di Prov Kalsel,”  tutur Hermansyah.

“Kami berterimakasih khususnya kepada bidang pemberdayaan Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga yang terus bisa melaksanakan kegiatan, walaupun terus terang di tengah pandemi Covid 19. Di mana semua anggaran terkena refocusing, tapi karena kegiatan adalah dalam rangka meningkatkan peran aktif kepemudaan dalam lingkungan hidup, sehingga dananya dilakukan penyesuaian dan kegiatan tetap bisa dilaksanakan,” ungkap Hermansyah. (Ais/Mzr)

Loading

Check Also

Menang di All England, Kini Tim Bulu Tangkis Indonesia Berjuang di Piala Thomas dan Uber Cup 2024

Mediaprospek.com – Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di Piala Thomas-Uber Cup 2024 yang bakal …