Yok  Dukung  South Kalimantan Travel Mart

(Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Pandemi tidak serta merta membuat industi pariwisata Kalimantan Selatan terdiam. Industri pariwisata harus dibangkitkan sehingga perekonomian kerakyatan di sektor pariwisata pulih kembali. Setidaknya optimisme ini ditegaskan dalam South Kalimantan Travel Mart, yang bakal digelar 7 hingga 10 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. M.Syarifuddin (Foto/Ist)

Acara yang didukung penuh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan dinilai salah salah satu langkah untuk memicu kembali gairah kepariwisataan Kalsel  yang sempat terganggu karena pandemi covid-19.  Mengandeng Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalimantan Selatan dan pelaku usaha pariwisata lainnya, Dinas Pariwisata Kalsel dibawah kepemimpinan Syarifuddin, mengarahkan agar dalam mempersiapkan kegiatan ini, bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan nantinya sesuai dengan standar CHSE, yaitu Cleanlines (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), Environment sustainability (kelestarian lingkungan).

“Kita berharap agar para pelaku industri pariwisata di Kalsel mulai mempersiapkan paket-paket menarik untuk ditawarkan dalam kegiatan nanti. Setidaknya kegiatan South Kalimantan Travel Mart 2021, salah satu upaya memulihkan pariwisata di masa pandemi. Yang tak kalah penting  selama kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.“ ujar Syarifuddin saat dihubungi via telepon, Jumat (27/08/2021) .

(Foto sebelum pandemi)

Syarifuddin sendiri berharap event yang dianggap salah satu yang paling efektif karena prinsip promosi “seeing is believing“, pelaku industri pariwisata potensial dari daerah dan negara lain langsung ke Kalsel disamping pelaku usaha lokal, membangkitkan kembali pariwisata di Banua.

Harapannya adalah agar tercipta “deal-deal” paket wisata sehingga akan langsung berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan domestik ke Kalsel. Terlebih Pelaku industri pariwisata diajak berkeliling Kalsel, terutama empat Kabupaten dan Kota  di Kalsel selama beberapa hari untuk memperkenalkan daya tarik wisata (Famtrip). Di hari terakhir pelaksanaan South Kalimantan Travel Mart, akan digelar pertemuan bisnis tatap muka antara para peserta dari luar daerah dengan pelaku industri pariwisata yang ada di Kalsel.

“ Karena ini selaras dengan Visit Kalsel 2022, tentunya South Kalimantan Travel Mart salah satu kesiapan kita semua bersinergi, antara pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, dengan ASPPI , maupun organisasi kepariwisataan lainnya, ketika masa pandemi berakhir , kita semua siap dengan SDM dan sumber daya pariwisatanya,” jelas pejabat yang dikenal ramah dan dekat dengan kalangan media.

Senada dengan itu Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarbaru Hidayaturahman menyambut baik kegiatan yang dilakukan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel yang didukung penuh Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Kalimantan Selatan. Apalagi panitia penyelenggara menggandeng pula Asosiasi pariwisata lainnya serta pelaku usaha lainnya yang berkaitan dengan sektor pariwisata.Tentunya kegiatan semakin menggairahkan industri pariwisata setelah pandemi melanda Indonesia.

“ Ini acara yang luar biasa dan sepatutnya kita dukung penuh, termasuk nanti Banjarbaru menyiapkan beberapa titik destinasi untuk peserta singgah. Kolaborasi dan sinergi inilah yang juga membantu upaya pemulihan pariwisata banua.Insya Allah berkah buat pariwisata di Kalsel,” ucap Hidayaturahman. (Olpah Sari Risanta- M.Zakir).

Loading

Check Also

Ini Secuil Tanggapan Dirut BSI Terkait Muhammadiyah Tarik Dananya

Mediaprospek.com – Akhirnya setelah ramai diberitakan, akhirnya Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) …