Koorporasi Bisa Tiru Astra Agro Lestari , Dukung Vaksin Gotong Royong

Astra Agro Lestari Tbk melalui anak perusahaannya seperti Tri Buana Mas dan Astra Agro Lestari 1 Tabalong , turut serta langsung dalam menyukseskan pelaksanaan vaksin nasional dalam rangka melindungi kesehatan pekerja, sekaligus juga mendukung pemulihan ekonomi nasional, Rabu (11/08/2021).(Foto/Ist)

Tapin, mediaprospek.com – Dukungan penuh Astra Agro Lestari Tbk, melalui sejumlah anak perusahaannya di Kalsel terhadap program vaksinasi nasional diapresiasi sejumlah kalangan. Bagaimana tidak, di tengah situasi serba sulit, sejumlah anak usaha Astra Agro Lestari, tetap bergerak memobilisasi vaksinasi bagi ribuan karyawan dan keluarga di wilayah operasional perkebunan mereka.

Tidak main-main, mulai dari Astra Agro Lestari 1 Tabalong hingga Tri Buana Mas nendukung tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) serta mendorong pemulihan ekonomi di sektor perkebunan kelapa sawit.

Ketua Komunitas Relawan Sosial Pendidikan Indonesia, Muhammad Risanta, menilai apa yang dilakukan koorporasi dalam menyukseskan Program Vaksinasi Nasional, sebagai agenda prioritas pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, harus diapresiasi.

Karena hal itu menandakan keseriusan swasta untuk membantu pemerintah dalam hal mempercepat terbangunnya kekebalan komunal di Indonesia. Terlebih melalui vaksinasi ini, memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya yang bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit.

Menurut pria yang juga dosen STIE Pancasetia Banjarmasin ini, antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi memang terbilang tinggi. Terbukti swasta khususnya sektor perkebunan kelapa sawit sangat antusias sehingga memilih vaksinasi gotong royong (berbayar) untuk melindungi karyawan dan keluarganya di kebun, untuk sehat dan aman.

Terlebih sebelumnya pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, beberapa saat lalu pernah meminta seluruh komponen masyarakat untuk terus mendukung suksesnya program vaksinasi di Indonesia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.Sehingga nantinya menumbuhkan optimisme akan menguatkan ekspektasi terhadap perekonomian Indonesia untuk rebound di 2021 ini dengan angka pertumbuhan di kisaran 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen.

“ Apa yang dilakukan kawan-kawan di Astra Agro Lestari ini, bisa ditiru pula oleh koorporasi lainnya di Kalsel. Kami berharap pemerintah juga memberikan reward kepada koorporasi yang telah mendukung penuh program Vaksinasi Gotong Royong ini. Meskipun yang mereka lakukan itu tulus membantu pemerintah, namun tidak salah juga untuk diapresiasi dan menjadi inspirasi,” ucap Risanta, yang juga salah satu wartawan senior Kalimantan Selatan, Rabu (11/08/2021).

Senada dengan hal itu Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kalsel, Drh Hj.Suparmi Msi, mengapresiasi langkah cepat langkah yang dilakukan koorporasi seperti  Tri Buana Mas dan Astra Agro Lestari 1 Tanjung ( anak perusahaan Astra Agro Lestari Tbk ) dalam pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong,  bisa menjadi inspirasi. Terlebih untuk program vaksinasi massal dengan Vaksinasi Gotong Royong,  belum banyaknya perusahaan atau koorporasi melakukan vaksinasi gotong royong.

“ Terima kasih Astra Agro Lestari Tbk melalui anak perusahaannya seperti Tri Buana Mas dan Astra Agro Lestari 1 Tabalong , turut serta langsung dalam menyukseskan pelaksanaan vaksin nasional dapat berkontribusi positif untuk sektor kesehatan dan ekonomi. Tidak hanya untuk melindungi kesehatan pekerja, namun juga mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujar Suparmi kepada wartawan, Rabu (11/08/2021).

Suparmi sendiri berharap lebih banyak lagi perusahaan yang mendaftarkan karyawan mereka untuk vaksinasi, demi segera tercapainya herd immunity. Dan harapan kedepannya kegiatan serupa bisa dilaksanakan oleh semua perusahaan perkebunan tidak hanya untuk internal perusahaan,  namun  juga dapat membantu pelaksanaan vaksinsasi untuk mayarakat sekitar kebun.

“ Pelaksanaannya dapat berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid yang ada di wilayahnya, tentunya yang terpenting adalah dalam pelaksanaan vaksinasi tetap selalu menerapkan Protokol Keseharan dengan 3 M. Alhamdulillah ini sudah bisa dan dimulai oleh perusahaan-perusahaan grup Astra Agro Lestari dgn 3 M,” tutup Suparmi. (Olpah Sari Risanta- M.Zakir).

Loading

Check Also

Wafatnya Presiden Iran Sempat Menaikkan Harga Minyak Dunia

Jakarta, Mediaprospek.com – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian meninggal karena …