PDIP se-Kalsel Potong 35 Hewan Kurban

(Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Memperingati hari raya Idul Adha 1442 H, segenap kader dan pengurus PDI Perjuangan Kalsel merayakannya dengan menyembelih hewan kurban mulai tanggal 20 hingga 22 Juli 2021. Semangat hari raya untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat selalu dilaksanakan dengan konsisten oleh PDI Perjuangan Kalimantan Selatan dibawah kepemimpinan Mardani H. Maming.

Kekompakan dan gotong royong juga sangat terlihat di segenap pengurus partai tingkat kabupaten, hal ini terbukti penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan dengan jumlah yang bervariasi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Menurut M. Syaripuddin, Sekretaris DPD PDIP Kalsel, di Kalsel ada sejumlah 33 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disumbangkan oleh kader partai baik Kepala Daerah maupun Anggota DPR RI dan DPRD.

“Alhamdulillah ini adalah bentuk kesadaran yang bersangkutan dan juga bentuk solidaritas, bahwa yang mampu harus peduli kepada sesamanya. Pembagian daging kurban tidak hanya anjuran agama, tapi mengonsumsi daging juga nantinya diharapkan bisa menambah gizi dan kesehatan, apalagi sekarang kita perlu imun tubuh yang baik dalam mencegah berbagai penyakit”, ucap Bang Dhin sapaan karib M. Syaripuddin.

DPD PDIP Kalsel sendiri melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari kamis, 22 Juli 2021. Total ada sekitar 7 ekor sapi yang merupakan sumbangan dari kader-kadernya yakni Mardani H. Maming (Ketua DPD PDIP Kalsel), M. Syaripuddin (Sekretaris DPD PDIP Kalsel yang juga Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel), H. M. Rifqi Karsayuda (Anggota DPR RI), dr. Sulaiman Umar (Anggota DPR RI), H. Supiansyah (Ketua DPRD Kab. Tanah Bumbu), Syafruddin H. Maming (Kepala BP Pemilu PDIP Kalsel) sebanyak masing-masing 1 ekor sapi. Selain itu juga ada sumbangan 1 ekor sapi dari kumpulan Anggota Fraksi PDIP DPRD Prov Kalsel.

Ketujuh ekor sapi tersebut disembelih di halaman Kantor DPD PDIP Kalsel, Jalan A.Yani Km.5 Banjarmasin dan dikemas menjadi 1000 paket daging kurban dibungkus menggunakan bakul purun yang dibagikan kepada fakir, miskin, masyarakat lingkungan kantor partai, serta beberapa senior, kader dan simpatisan partai.

Ada yang unik dalam perayaan Idul Adha 1442 H oleh DPD PDI Perjuangan Kalsel, yakni paket hewan kurban dikemas menggunakan bahan ramah lingkungan dan bernilai ekonomi kreatif, yakni bakul purun.

Fazlur Rahman, Kepala Sekretariat DPD PDIP Kalsel mengatakan hal ini berkenaan dengan anjuran Walikota Banjarmasin untuk tidak menggunakan plastik sebagai kemasan pembagian daging kurban.

“Sesuai instruksi Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri untuk lebih mencintai alam serta himbauan Walikota Ibnu Sina, maka sudah 2 tahun ini pelaksanaan pembagian daging kurban kami tidak menggunakan kantongan kresek plastik dan menggantinya dengan tas anyaman purun yang merupakan kearifan lokal Banjarmasin”, ujar Fazlur.

Selain itu disebutkan pula, “Ini merupakan tanggung jawab kita kepada lingkungan sekaligus bentuk dukungan kepada Walikota Banjarmasin untuk terus konsisten mengampanyekan pengurangan penggunaan bahan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Wajar kami mendukung program Walikota Banjarmasin ini, karena kami juga parpol pengusung beliau waktu Pilkada”, kata bang Dhien.

Menggunakan bakul purun juga diharapkan memikiki domino yang positif, selain ramah lingkungan, juga membawa manfaat ekonomi bagi pengrajin bakul purun. “Kami berharap ekonomi kerakyatan juga membaca peluang dari hal seperti ini, sudah saatnya kita gotong-royong dalam memajukan kesejahteraan”, pungkas Bang Dhin. (Rilis)

 

 3,117 total views,  2 views today

Check Also

Puslitbang Polri Sambangi Ditlantas Polda Kalsel, Lakukan Penelitian Optimalisasi Kamseltibcarlantas TA.2021

(Foto/dok.humaspoldakalsel) Banjarmasin, mediaprospek.com–Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian “Optimalisasi Tingkat Keselamatan, Ketertiban dan …