TPQ Madinatu Taqwa Adakan Diklat Standarisasi Guru Alqur’an Metode Tilawati

(Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru, khususnya  dalam bidang pengajaran Al qur’an TPQ Madinatu Taqwa di bawah naungan Yayasan At Taqwa Banjarnasin, mengadakan Diklat Standarisasi Guru Alqur’an Metode Tilawati level 1. Bekerjasama dengan KPA Tilawati Kota Banjarmasin bertempat di Komplek Masjid Besar At Taqwa pada Jumat, (18/07/21).

Berbagai metode dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam membaca dan mempelajari al-Qur’an. Salah satunya metode dalam Pembelajaran Al Qur’an adalah  Metode Tilawati. Kenapa harus metode tilawati? Karena Kelebihan metode ini antara lain, Pertama,  Praktis dalam penyampaiannya,Kedua, Menggunakan nada rost (3 nada yaitu datar, naik, turun), Ketiga,  Disusun buku/kitab dasar mulai dari jilid 1-6, dan Keempat, menggunakan pendekatan klasikal peraga dan pendekatan baca simak murni secara seimbang.

Diklat standarisasi guru Al qur’an di TPQ Madinatu Taqwa dibimbing langsung oleh Ustadz Ustadz H. Umairah Bakir selaku Kepala Cabang Tilawati Al Baqir, Kalsel dan juga pengajar di Pondok Pesantren Al falah Putra Banjar Baru beserta Tim KPA Banjarmasin.

Ustadz Umairah Bakir atau yang biasa dipanggil ustadz Umay menjelaskan, materi diklat yang disampaikan menggunakan lagu rost dan metodologi pengajaran jilid 1 – 5.

“Dan ada juga gharaib musykilat jilid 6, pengenalan dan pengajaran tilawati PAUD, strategi pembelajaran metode tilawati, teknik munaqasyah, microteaching dan munaqasyah,” jelasnya.

Ustadz Umay menandaskan, peserta yamg mengikuti kegiatan ini mendapat fasilitas buku tilawati 1-6, stategi PAUD, buku strategi mengajar dan teknik munaqasyah serta mendapatkan Sertifikat/syahadah.

Lebih lanjut ustadz Umay mengatakan, tujuan mulia dari adanya kegiatan diklat adalah agar supaya peserta diklat standarisasi dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran yang lebih baik.

Senada dengan Ustadz Umay,Ustadz M. Noor Sya’ban  dari tim KPA Tilawati Al-Ikhlas, Kota Banjarmasin yang juga salah satu pemateri dan munaqisy/penguji, mengungkapkan, pembelajaran Al-Quran kepada anak-anak dengan metode tilawati ini dilakukan dengan irama lagu rost. Jadi proses pembelajaran akan sangat menyenangkan untuk anak-anak.

“Karenanya yang menjadi tujuan dari diklat standarisasi guru Al-Quran ini adalah terciptanya guru Al-Quran yang mahir, terampil, luwes, menarik serta menyenangkan dalam mengajar Al-Quran. Dan itu dilakukan dengan irama lagu rost,” Jelasnya.

Sementara itu, koordinator penyelenggara Nurul Madinah S.Ag. S.Pd yang juga merupakan Kepala TPQ Madinatu Taqwa, menuturkan, selama kegiatan peserta terlihat sangat antusias.

“Mereka sangat antusias menyelesiakan setiap sesinya selama dua hari berturut-turut dimulai pada tanggal 17/18 Juli 2021 yang, permainan-permainan yang sifatnya mendidik dan melatih kemandirian mereka ikuti dengan ceria dan senang hati, dan penuh tanggungjawab,” terangnya.

Kegiatan yang bertempat di TPQ Madinatu Taqwa ini diikuti oleh 65 orang peserta yang terdiri dari para guru TPQ/TPA yang tersebar di Kota Banjarmasin. Nurul Madinah  menambahkan, “Karena kita masih dalam masa pandemi peserta yang mengikuti acara diklat standarisasi kami batasi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan demi menghambat penyebaran Covid-19,” ujarnya lagi.

Diklat standarisasi guru Al qur’an ditutup dengan pengumuman hasil munaqosyah dan pembagian sertifikat hasil mengikuti kegiatan. (Rilis)

 2,830 total views,  3 views today

Check Also

Puslitbang Polri Sambangi Ditlantas Polda Kalsel, Lakukan Penelitian Optimalisasi Kamseltibcarlantas TA.2021

(Foto/dok.humaspoldakalsel) Banjarmasin, mediaprospek.com–Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian “Optimalisasi Tingkat Keselamatan, Ketertiban dan …