PTM di Kalsel Wajib Mengutamakan Prokes

Ketua DPRD Kalsel, H. Supian, HK, S.H, M.H. (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Menyikapi masalah  pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka (PTM) pembelajaran di sekolah pada Tingkat Dasar (SD), Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP) dan Sekolah Menengah Tingkat atas (SMTA)/SMK sederajat yang akan segera dilaksanakan pada bulan Juli ini, di sebagian wilayah Banjarmasin Kalsel yang berzona hijau, telah disepakati wajib mengutamakan protokol kesehatan (Prokes).

Untuk Kalimantan Selatan (Kalsel) pada wilayah yang berzona merah tidak diperkenankan melakukan PTM. Sedangkan bagi wilayah yang berzona hijau, sekolah harus ada prokesnya dan mengenai PTM ini diserahkan kepada orang tuanya, apakah orang tuanya setuju atau tidak, anaknya dalam mengikuti PTM. Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kalsel, H. Supian, HK, S.H, M.H., kepada para wartawan, dalam menyampaikan hasil rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel beberapa hari yang lalu yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal Za, mengenai PTM di Kalsel, di ruang kerjanya, Selasa, (13/07/2021).

H. Supian HK, menandaskan, pengaturan PTM dalam ruangan sekolah, misalnya dalam ruangan itu muridnya berjumlah 30 orang siswa, maka waktu pembelajaran akan diisi dengan saling bergantian sebagian siswa murid dengan berbeda tempat duduknya, dengan siswa yang mengikuti pelajaran yang pertama. Jadi ada 15 murid yang mengikuti pelajaran pertama terlebih dahulu dan sebagiannya lagi di waktu yang berikutnya.

“PTM ini dilakukan di Kalsel karena selama Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun setengah, di mana selama itu juga para murid hanya dapat belajar di rumah banyak menimbulkan keluhan dan masalah. Selama ini murid yang belajar jarak jauk dilakukan di rumah melalui HP agar melindungi para murid tidak terkena Covid-19,” kata H. Supian, HK.

Para murid belajar hanya melalui HP Android dengan menggunakan aplikasi zoom atau WhatsApp (WA). Diketahui kebanyakan murid menggunakan waktunya di rumah hanya bermain game online saja dan tentunya ini sangat merugikan dunia pendidikan.

“Pada PTM ini para guru di sekolah hendaknya juga harus mengajari para muridnya untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dan tidak melakukan kerumunan. Dan menurutnya peribadi,  harus adanya penjelasan dari guru mengenai pelajaran tambahan Covid-19 dan para guru harus membuat semacam laporan kepada pihak Gugus Tugas mengenai keadaan muridnya selama melakukan PTM,” ujar H. Supian HK.

“Jika ada anak murid yang terkena terpapar Covid-19, maka para guru harus cepat melakukan tindakan disinfeksi di ruangan tersebut dan mengevaluasinya. Begitu juga dengan masuk dan keluarnya para murid pada awal jam masuk belajar dan pulang sekolah harus juga diatur dengan saling antri bergantian dan tidak berkerumun,” imbuh H. Supian HK.

Selain masalah penyelenggaraan dunia pendidikan khususnya PTM ini, H. Supian, HK, juga menyoroti masalah kesehatan, perekonomian dan yang paling penting, menurutnya,   masyarakat itu tidak kelaparan karena usahanya di masa pandemi ini mengalami masa-masa sulit dalam mencari nafkah sehari-hari.

Selain itu H. Supian HK juga menyampaikan mengenai penyekatan masuknya orang dari daerah lain ke Kalsel melalui Laut, Darat dan Udara. Misalnya penumpang yang baru datang itu di Bandara juga harus dilakukan karantina selama 5 (lima) hari, jika hasilnya dinyatakan negatif maka dibolehkan ke tempat tujuannya.

“Begitu juga penyekatan penumpang yang datang melalui kapal laut sampai di Pelabuhan Trisakti, harus menyertakan PCR dan surat keterangan lainnya dan harus dikarantina terlebih dahulu,” ungkap H. Supian, HK.

“Begitu juga melalui darat, di wilayah perbatasan, agar Kalsel dan daerah lainnya tidak terjadi seperti kasus covid di Jakarta. Kalsel juga sudah melakukan penyekatan di perbatasan Batola-Kalteng dan Kalsel-Kaltim. Dan karena saat ini di Indonesia nomor dua di dunia untuk lonjakan kasus Covid-19 dan Kalsel termasuk 5 (lima) besar di Indonesia,” pungkas H. Supian HK. (Mzr).

 

 

 

 

Loading

Check Also

Jelang Tur Pramusim ke Klub di Amerika Serikat, Pelatih Barcelona Hansi Flick Didamping Thiago Alcantara

Mediaprospek.com – Thiago Alcantara segera kembali ke dunia sepak bola usai Barcelona mengkonfirmasi bahwa dia …