Terkait Perbaikan Jalan Sepanjang 148 Kilometer, Masyarakat Diminta Bersabar

(Foto/HumasDPRDKalsel)

Tanah Bumbu, mediaprospek.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta masyarakat di 3 (tiga) Kabupaten yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru untuk bersabar,  terkait sedang berlangsungnya perbaikan jalan dari Asam-asam Kabupaten Tanah Laut sampai Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu sepanjang 148 Kilometer (Km).  Ini dikatakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kalsel H. Sahrujani saat meninjau perbaikan jalan dan jembatan bersama rombongan Komisi III DPRD Kalsel di dua kabupaten tersebut, Jumat (09/07/2021).

“Saat ini pelaksanaan sedang berlangsung, situasi proyek perbaikan mungkin bisa menghambat lalu lintas masyarakat harap sabar dan maklum dulu,” katanya.

Rusaknya jalan di beberapa titik ini karena terdampak bencana banjir sejak 25 Desember 2020 lalu.

“Puncaknya terjadi pada tanggal 14 Januari 2021 yang mengakibatkan putusnya jembatan Tabunio II dan tergenangnya beberapa titik ruas jalan nasional sehingga menghambat akses dari dan menuju beberapa kota, seperti Pelaihari, Batulicin bahkan Kotabaru,” tambahnya.

Proyek perbaikan jalan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam menunjang sasaran pembangunan nasional melalui Program Peningkatan Infrastuktur Jalan yang memakan anggaran Rp. 172.484.366.000,-  bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2021-2023.

SBSN atau Sukuk Negara ini merupakan inovasi pembiayaan pembangunan infrastruktur oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan – Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional  (PJN) Wilayah I Provinsi Kalimanan Selatan.

“Dengan perbaikan jalan ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan,” ungkap Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel H. M. Rosehan NB., SH. yang ikut memantau langsung di lokasi.

“Kalau jalan mulus ini berdampak pada perekonomian, pendidikan hingga kesejahteraan kita yang melalui jalan ini kembali normal seperti biasanya,” katanya.

Lebih lanjut Politis dari PDIP ini menyampaikan kegiatan penanganan jalan, berupa pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu-lintas sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai.

“Selalu kita kawal pembangunan di Kalimantan Selatan, karena kita warga Kalimantan Selatan, jangan sampai jalanan rusak dibiarkan terlalu lama, sehingga masyarakat gerah, lalu terjadi demo.” tambahnya.  (Rilis)

Loading

Check Also

Jelang Kontra Australia di Piala Asia U-23 Hari Ini, STy Akui Kondisi Timnas Indonesia Menurun

Mediaprospek.com – Setelah kontra tuan rumah Qatar , timnas U-23 Indonesia akan menjalani pertandingan hidup …