Awalnya Kelola Pasar Sekarang Jasa Boga Miliaran

Berkah Mulia, BUMDes Terbaik Banua 2021 (Foto/Ist)

Kintap, mediaprospek.com – Boleh jadi dalam sebulan terakhir Kintap, Kabupaten Tanah Laut menjadi pusat perhatian. Itu setelah salah satu desanya yakni Desa Bukit Mulia membukukan prestasi melalui prestasi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Berkah Mulia, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berkah Mulia mampu memberikan prestasi, sebagai Bumdes Terbaik se Kalimantan Selatan tahun 2021.

Selama tiga tahun berjalan Bumdes Berkah Mulia sudah mampu memberikan kontribusi ke pendapatan asli desa (PAD).Tercatat sejak berdirinya Bumdes Berkah Mulia tahun 2016, di tahun 2019 dan 2020 sudah bisa sumbang pendapatan asli desa. Berdasarkan data keuangan Bumdes ini, mereka mampu berkontribusi sebesar Rp.16.250.600 di tahun 2019, sedangkan tahun 2020 meningkat menjadi Rp.26.272.300.Usaha yang dijalankan mulai beternak ayam petelor, ternak kambing  hingga usaha air bersih.

“ Awalnya kita sempat bingung juga , usaha apa yang bagus untuk BUMDes ini. Kita memulai dari mengelola pasar desa dan memanfaatkan potensi yang ada. Perlahan kita bisa menyimpan modal usaha hingga akhirnya mengembangkan sektor peternakan ayam petelor dan kambing gaduhan.,” cerita Suparno, kepada wartawan, Kamis siang (09/07/2021).

Memulai usaha untuk sebuah Badan Usaha Milik Desa bukanlah perkara gampang.Apalagi para pengelola dan pengurus hanya bermodalkan semangat dan kekompakan serta modal yang pas-pasan. Namun itu tidak menyurutkan semangat Suparno dan Bambang Yulianto ( Direktur BUMDes Berkah Mulia) dkk mengembangkan usaha-usaha yang memberikan keuntungan bagi desa dan warganya. Maka di tahun 2017 akhir memulai usaha beternak ayam petelor, sebagai upaya memenuhi permintaan masyarakat desa. Dan ternyata berjalan baik sehingga menjadi salah satu unit usaha andalan disamping beternak kambing.

“ Awalnya kita hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa akan telor, namun seiring waktu pertumbuhan ternak ayam cukup bagus. Produksi telur ini pula yang belakangan menyuplai bagi jasa catering di perusahaan pertambangan,” sambung Suparno yang diamini Bambang Yulianto.

Sukses mengembangkan usaha dengan manajemen baik dan profesional ternyata membuat perusahaan pertambangan tertarik bekerja sama dengan BUMDes Berkah Mulia. Lembaga usaha desa yang dinahkodai Bambang Yulianto dinilai sebagai badan usaha yang kapabelitas dan memiliki sistem pencataan administrasi keuangan yang baik. Akhirnya PT.Arutmin pun menggandeng resmi Bumdes Berkah Mulia sebagai partner kerja penyediaan catering makanan karyawan mereka.Sebagai langkah awal Arutmin pun memberikan kontrak kerja Rp.6 Miliar yang harus dikerjakan dalam setahun untuk jasa tata boga oleh BUMDes Berkah Mulia.

“  Ada beberapa pertimbangan mengapa perusahaan kami memberikan kepercayaan untuk sebuah kerjasama yang selaras semangat mensejahterakan masyarakat luas. Sistem keuangan yang baik dan sehat serta pengelolaan yang profesional mencerminkan sebuah bumdes yang kapabelitas, ini sudah tak diragukan lagi dari Bumdes di desa Bukit Mulia ini. Dalam pelaksanaan di lapangan mereka disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Superintendent CDEA PT Arutmin Kintap Yudo Prakoso, kepada wartawan,Jumat  (09/07/2021).

Bumdes Berkah Mulia adalah  salah satu diantara 80 Bumdes  yang ada di Kabupaten Tanah Laut.Namun diantara puluhan Bumdes tersebut, baru yang di Desa Bukit Mulia memberikan sumbangan pendapatan paling besar untuk desa. Tak heran jika dianugerahi sebagai Bumdes Terbaik Provinsi Kalimantan Selatan. Hal itu menunjukkan BUMDes Berkah Mulia secara bisnis, sudah bekerja dengan baik. (Olpah Sari Risanta)

Loading

Check Also

Donald Trump Terluka, Biden Mengutuk, Berikut Fakta-fakta Insiden Penembakan Itu

Jakarta, Mediaprospek.com – Sejumlah fakta pun terkonfirmasi terkait kandidat Presiden AS Donald Trump yang menjadi …