Tingkatkan Kemandirian Desa, Bang Dhin Hibahkan Gides

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, M Syaripuddin SE, MAP. (Foto/Ist)

 Batulicin, mediaprospek.com– Kepala Desa Pacakan Supiyani dan Binawara Noor Rahman sangat berterimakasih dengan inovasi yang dibuat Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, M Syaripuddin SE, MAP.

Mereka memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan wakil rakyat  ini. Meski banyaknya kesibukan, masih sempat memikirkan desa-desa.

”Kami menyambut baik apa yang sudah di berikan Bang Dhin kepada desa, semoga menjadi manfaat untuk masyarakat desa kami,” kata dua kepala desa ini.

Berbagai inovasi yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin ini sangat membantu desa.

Menurut M. Syaripudin, pemberian aplikasi itu dalam rangka memberikan kemudahan bagi perangkat desa dan masyarakat untuk memgakses informasi tentang data wilayahnya.

” Diluncurkannya aplikasi Go Digital Desa atau GIDES,  bertujuan untuk mewujudkan sosialisasi peraturan daerah (Sosper) pada Perda Nomor 4 tahun 2016 untuk memajukan desa dalam memanfaatkan teknologi informasi,” ungkap Bang Dhin, sapaannya.

Peluncuran Go Digital Desa ini dirangkai dalam kegiatan sosialisasi Perda No 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa di gedung Serbaguna Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin (5/6/2021).

Gides, lanjut Bang Dhin, merupakan hibah dan inisiasinya untuk memberikan ruang kepada desa Binawara untuk bisa menikmati fasilitas berupa aplikasi digital untuk mengakses seluruh data desa secara transparan.

Masyarakat setempat atau pihak lain dapat mengakses angka penduduk luas wilayah dan potensi daerah produk masyarakat, bahkan untuk pelayanan publik.

”Situasi desa terkini juga bisa diakses melalui smartphone sehingga tidak perlu harus ke Balai Desa. Penggunaan anggaran desa juga bisa diketahui apakah sesuai aturan atau tidak,” jelasnya.

Dia juga berharap, kemudahan ini akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat untuk meningkatkan kemandirian serta meningkatkan daya saing dalam menunjukan potensi yang dimiliki masing-masing desa. (ear)

 

Loading

Check Also

Menang di All England, Kini Tim Bulu Tangkis Indonesia Berjuang di Piala Thomas dan Uber Cup 2024

Mediaprospek.com – Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di Piala Thomas-Uber Cup 2024 yang bakal …