ASPPI Kalsel, Apresiasi Kediri Road Show ke Kalsel

Ibu Mutia bersama Pengurus ASPPI Kalsel (Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Langkah Pemerintah Kabupaten Kediri  membangkitkan semangat pemulihan pariwisata daerah melalui roadshow ke Kalimantan Selatan diapresiasi Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kalimantan Selatan. Organisasi yang dipimpin Mutia Amana Nastiti, menilai langkah yang di tempuh pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisatana sesuai dan searah dengan upaya pemerintah memulihkan perekonomian di sektor pariwisata, yang memprioritaskan wisata unggulan. Hal ini juga selaras dengan   implementasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE) di destinasi wisata serta menerapkan protokol kesehatan.

“ Kami apresiasi sekali, terobosan baik yang mengedepankan aspek pemulihan ekonomi kerakyatan namun tetap menjalankan dengan disiplin protokol kesehatan, yang tak kalah penting juga adalah dalam pembukaan destinasi wisata ini, Kediri termasuk daerah yang menjalankan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE),” jelas Mutia Amana Nastiti, menanggapi kegiatan Direct Promotion Pelaku Usaha Wisata dan Ekonomi Kreatif  Kediri, yang digelar di Hotel Aston, Kabupaten Banjar, Selasa (29/06/2021).

Dalam lawatanya ke Kalimantan Selatan, Sambung Mutia, Pemkab Kediri memiliki misi yang sama dengan kawan-kawan pelaku pariwisata yakni ingin membangkitkan kembali industri pariwisata dari keterpurukan. Marfhum saja, sejak pandemi melanda Indonesia, sektor usaha pariwisata termasuk yang terpukul. Karenanya upaya dan strategi Pemkab Kediri menggandeng ASPPI maupun organisasi biro perjalanan lainnya sudah barang tentu disambut baik.

“ Ini langkah baik bersama-sama memulihkan perekonomian sektor wisata. Tentunya kerjasama ini membuka peluang bagi Kalsel juga mengenalkan destinasi unggulan.Intinya adalah bagaimana sinergi itu membawa kebaikan bersama antara Kalsel denga Kediri,” kata praktisi wisata berparas cantik ini.

Sekedar diketahui selain Road Show untuk promosi dan edukasi ke sekolah-sekolah di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebudayaan Kediri dengan sejumlah pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif, juga menggelar Table Top. Forum bisnis yang dirancang untuk mempertemukan antara pelaku industri pariwisata daerah pelaksana (sellers) dengan pelaku industri pariwisata daerah tujuan (buyer),dinilai efektif dalam memasarkan produk maupun sharing berbagai informasi pariwisata.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Drh Munfarid MM, menjelaskan dalam upaya mendorong percepatan pemulihan industri pariwisata di Kediri, pihaknya gencar melakukan road show ke sejumlah daerah. Kali ini sasarannya adalah Kalimantan Selatan, yang dikenal sebagai salah satu potensi pasar pariwisata dan mitra kerja yang cukup baik dalam membangkitkan industri pariwisata . Apalagi road show mereka juga didukung penuh Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, ASITA hingga Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kalimantan Selatan.

“ Gunung Kelud  sampai sekarang adalah salah satu destinasi wisata unggulan Kediri, yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri dan Blitar itu menawarkan berbagai atraksi dan spot wisata di sekitarnya.Namun dalam road show kali ini juga kami mengenalkan destinasi lainnya yang nantinya bisa dikunjungi wisatawan Kalsel,” jelas Munfarid, kepada wartawan di Banjarmasin, Selasa (29/06/2021).

Berdasarkan berbagai literatur Kelud merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia yang sudah meletus sebanyak 30 kali, namun masih menjadi magnet bagi wisatawan berdatangan ke Kediri, Jawa Timur ini. Selain menjelajah ke Gunung Kelud, wisata juga bisa menikmati wisata yang ada di lereng Gunung Kelud, salah satunya adalah Kampoeng Anggrek. Wisatawan pun dimanjakan menikmati dari dekat bunga-bunga cantik.. Lokasinya berada di Dusun Semberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri. Tak hanya menikmati indahnya anggrek dan suasana sejuk di sekitar Gunung Kelud, traveler juga bisa belajar budidaya anggrek.

Selain Kampung Anggrek , Destinasi wisata lainnya yang berada di lereng Gunung Kelud adalah Kampung Indian yang menawarkan nuansa Indian seperti di Amerika. Lokasinya berada di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Nuansa Indian begitu terasa dengan tombak suku Indian yang disusun berjejer hingga tenda-tenda kampung Indian yang berwarna-warni.

Meskipun sudah dibuka sejumlah destinasi unggulan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat kepada semua pengunjung. Selain itu dalam mengembangkan wisatanya, Kabupaten Kediri mengedepankan Penerapan pula CHSE atau K4, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). (Olpah Sari Risanta)

Loading

Check Also

Jelang Kontra Australia di Piala Asia U-23 Hari Ini, STy Akui Kondisi Timnas Indonesia Menurun

Mediaprospek.com – Setelah kontra tuan rumah Qatar , timnas U-23 Indonesia akan menjalani pertandingan hidup …