STIEPAN Buka Kesempatan Penghulu Kuliah Lagi

(Foto/Ist)
Paringin,  mediaprospek.com – Kesempatan belajar selalu terbuka bagi siapa saja, tidak memandang usia. Sepanjang ada keinginan kuat untuk belajar dan menguatkan kompetensi, keinginan tersebut bisa diwujudkan. Apalagi sekarang perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi swasta membuka pintu lebar-lebar siapa pun belajar di kampus.

Kesempatan kuliah kembali pun terbuka bagi ASN dan honorer termasuk para penghulu kantor urusan agama. Seperti halnya di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan
Kamis pagi (17/06/2021) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia Banjarmasin) menjalin kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepala Kantor Kementerian Agama Balangan, Drs.H.Muhammad Yamani M.Pd.I dengan Ketua STIE Pancasetia, Dr.Nurus Sjamsi, yang diwakili langsung Bidang Kerjasama, Ernawati,SE,MM.

Penandatanganan MoU berlangsung di halaman utama kantor Kemenag Balangan, di Paringin. Hadir, Wakil Badan Pengawas Harian/ yayasan Kampus Banjarbaru STIE Pancasetia, H.Yudi Rahman,SE,MM dan Kasub Bagian Tata Usaha Kemenag Balangan, Drs.H.M.Fahmi Wahid M.MPd serta sejumlah Kasi dan Penyelenggara.
Ernawati,SE,MM, kepada awak media, menjelaskan kerjasama ini memberikan peluang bagi ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Balangan agar bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, dalam rangka membantu peningkatan kompetensi pegawai. Di satu sisi melalui kerjasama ini juga memudahkan ASN maupun honorer untuk proses dalam jenjang kepangkatan, setelah menempuh pendidikan di kampus Gila Marketing, STIE Pancasetia.

Terlebih ini ruang baik untuk pegawai dari berbagai golongan kepangkatan meneruskan pendidikan, termasuk pegawai berpendidikan lulusan SMA.

“ Ini salah satu upaya kami membantu proses percepatan kualitas SDM di Balangan melalui dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Karena SDM itu harus dinomorsatukan untuk menunjang kinerja berbasis pelayanan prima kepada masyarakat. Yang selaras dengan visi STIE Pancasetia, Terkemuka sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi melebihi Standar Nasional Perguruan Tinggi, di regional Kalimantan,” kata Ernawati, di sela-sela kegiatan penandatanganan Mou dengan Kantor Kemenag Kabupaten Balangan, Kamis (17/06/2021).

Lebih jauh Ernawati memaparkan kerjasama bukanlah suatu awalan, namun merupakan rintisan agar sinergitas pemerintah khususnya kementerian Agama di daerah-daerah dengan instansi pendidikan terus terjalin.

Sinergitas yang akan mewujudkan percepatan dalam pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Balangan dan Kalimantan Selatan. Melalui kerjasama penelitianyang dilakukan dosen dan mahasiswa, lanjutnya, akan dihasilkan data dan potret lapangan yang lebih akurat.

Sehingga akan menjadi dasar yang lebih ilmiah untuk menyusun kebijakan yang dapat diaplikasian dalam menggerakkan roda kepeminpian, pemerintahan dan pelayanan khususnya untuk masyarakat Balangan.

Selanjutnya pada wilayah kerja Kemenag Balangan, pihaknya memberikan kesempatan para dosen dan mahasiswa melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, sebagai bagian dari civitas akademika.

“ Diharapkan kerjasama Kementerian Agama dengan Perguruan Tinggi ini berdampak pada percepatan pembangunan sumber daya manusia. Sehingga ini membantu instansi dalam hal mencetak pegawai yang berkualitas dan memiliki visi kuat menunjang prorgam kerja di instansi mereka,” ujar dosen senior STIE Pancasetia ini.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Drs.H.Muhammad Yamani M.Pd.I mengatakan kerjasama ini dinilai sangat membantu instansi mereka dalam hal penguatan kualitas sumber daya manusia. Karena itulah pihaknya meminta seluruh ASN dan honorer, termasuk guru madrasyah maupun para penghulu untuk memanfaatkan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi, khususnya di STIE Pancasetia.

“ Alhamdulillah, awal yang baik dan bermakna bagi Kantor Kemenag Kabupaten Balangan. Dengan adanya Mou ini kepada ASN di Balangan terutama di Kemenag Balangan dipersilakan untuk memanfaatkan kesempatan meningkatkan kapasitas diri dengan belajar lagi, terutama yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi, baik S1 maupun S2,” ujar H.Muhammad Yamani, kepada wartawan di Paringin, usai menandatangani Mou tersebut. (Olpah Sari Risanta)

 3,696 total views,  5 views today

Check Also

Pulihkan Perekonomian Banua, KPw BI Kalsel Gelar Festival Ekonomi Syariah KTI Tahun  2021

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring, ketika memberikan sambutannya pada Opening …