Agrovaria Lovepink : Kenali dan Deteksi Dini, Kanker Payudara Bisa Disembuhkan

(Foto/Ist)

Banjarmasin, mediaprospek.com – Kanker payudara yang timbul akibat adanya kondisi abnormal sel-sel payudara yang terjadi diluar kontrol menimbulkan rasa takut tidak hanya bagi wanita, tetapi juga pada laki-laki. Namun potensi tersebut dapat dicegah dengan mengetahui gejala-gejala kanker payudara sedini mungkin.

“Pentingnya kita melakukan deteksi dini, semakin cepat gejala terdeteksi, semakin besar peluang kanker payudara dapat disembuhkan. Sementara hanya 27% penderita sembuh jika sudah stadium lanjut,” ungkap Chris Sari pembicara dari Yayasan Dara Daya Indonesia dalam Agrovaria Lovepink yang diselenggarakan Astra Agro bekerjasama dengan Lovepink pada Rabu (9/6) untuk anak usaha Grup Astra di Area Kalimantan.

Lebih lanjut, Chris mengatakan bahwa masyarakat harus semakin aware terhadap kanker payudara, karena sampai saat ini penyebab kanker payudara masih belum diketahui secara pasti. “Ibu hamil dan menyusui juga dapat terserang kanker payudara’’, tambahnya.

Supaya kita bisa mengetahui tanda-tanda penyakit ini, maka perlu dilakukan SADARI dan SADANIS. SADARI atau Periksa Payudara Sendiri merupakan kegiatan pemeriksaan payudara secara mandiri. Sementara SADANIS adalah pemeriksaan payudara secara klinis.

“Seperti apakah payudara terdapat benjolan, mengeras, berubah bentuk, mengeluarkan cairan dan lain sebagainya,” lanjutnya. Begitu ditemukan gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan medis ia menekankan.

Selain melakukan deteksi dini, Chris mengatakan potensi kanker payudara bisa dicegah dengan mengontrol faktor risiko, seperti menerapkan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, mengendalikan berat badan dan aktif bergerak, serta mengelola stres.

“Menghindari merokok, konsumsi alkohol, dan produk dengan kandungan pemanis buatan, pengawet, perasa, dan pewarna (4P) juga merupakan tindakan pencegahan potensi kanker,” lanjutnya.

Joko Subagio, Manager of Social Engagement Astra Agro, menyampaikan bahwa program awareness Kesehatan merupakan giat yang dilakukan Astra Agro secara rutin. “Pada tahun ini, Astra Agro fokus pada awareness kanker payudara,” ungkapnya.

Melalui Program ini Astra Agro mengadakan kegiatan SADARI massal. “Dengan demikian, diharapkan lebih banyak masyarakat yang dapat mendeteksi kanker payudara lebih cepat sehingga dapat mendapatkan penanganan yang lebih cepat lagi.

“Program ini juga merupakan bentuk kepedulian Astra Agro kepada perempuan dilingkungan kebun Astra Agro,“ tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Alisa, Ketua Posyandu Anggrek, Desa Bajayau Tengah Kalimantan Selatan mengatakan kegiatan ini sangat penting karena banyak masyarakat di Desa tempat tinggalnya yang masih belum mengetahui tentang kanker payudara dan cara memeriksa payudara secara dini.
“Alhamdulillah dengan kegiatan ini kami para kader lebih mengetahui bagaimana cara mengetahui secara dini kanker payudara”, tambahnya.

Tidak hanya itu, ia menuturkan bahwa penyuluhan kanker payudara Agrovaria Lovepink ini juga sangat bermanfaat. Ia berharap “Semoga acara Agrovaria Lovepink ini selalu menginspirasi wanita-wanita agar selalu waspada dan selalu memeriksa secara dini payudara mereka”, tutupnya.(Olpah Sari Risanta)

 6,874 total views,  1 views today

Check Also

Pulihkan Perekonomian Banua, KPw BI Kalsel Gelar Festival Ekonomi Syariah KTI Tahun  2021

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring, ketika memberikan sambutannya pada Opening …