Hasanuddin Murad Sosialisasikan Perda No 11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman  

Anggota Komisi III DPRD Kalsel Hasanuddin Murad (Foto/Mzr)

Banjarmasin, mediaprospek.com—Anggota Komisi III DPRD Kalsel Hasanuddin Murad melakukan Sosialisasi Perda (Sosper) sekaligus buka puasa bersama (bukber) dengan para undangan dan wartawan prees room DPRD Kalsel di RM Pawon Tlogo Handil Bakti, minggu (9/05/2021).

Hasanuddin Murad mengatakan sekarang ini pembangunan perumahan di Kabupaten Barito Kuala (Batola) sangat besar, sehingga akhirnya muncul kawasan-kawasan perumahan baru. Oleh karenanya penataannya harus betul-betul mengacu pada Perda yang ada,  yaitu Perda No 11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Dan juga karena pada beberapa waktu yang lalu terjadi banjir di Kalsel, termasuk di sebagian besar kawasan Batola, yang merambah ke kawasan-kawasan perumahan, ini tentu ada penyebabnya dan yang menjadi konsen serta perhatian Dewan Kalsel.

“Mungkin dari sisi drainasenya, atau sebab lainnya. Namun ternyata banyak juga kawasan-kawasan perumahan sekarang tidak tertata sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Hasanuddin Murad kepada wartawan.

“Oleh karena itulah, saya berinisiatif untuk mensosialisasikan Perda No 11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman ini, agar masyarakat dan pengembang menjadi mengetahuinya, sehingga mereka bisa menyesuaikan dengan Perda tersebut,” kata Hasanuddin Murad.

“Saya yakin dengan Perda ini nantinya kawasan-kawasan perumahan akan tertata dengan baik. Karena kita berharap masyarakat bisa menikmati kawasan perumahan yang betul-betul tertata dengan baik sesuai dengan Perda,” ujar Hasanuddin Murad.

“Penekanan dari Perda ini adalah lebih kepada soal penataan kawasan, dimana para pengembang dapat  mematuhi Perda ini, karena kepentingannya untuk para konsumennya juga, di sisi lain para pengembang akan mendapat penilaian yang bagus, dipercaya dalam membangun perumahan, sehingga masyarakat akan tertarik,” tandas Hasanuddin Murad.

Diketahui sebelum menjadi anggota DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad pernah menjabat sebagai Bupati Batola dalam waktu dua periode.

“Oleh karenanya dulu kita sering bekerjasama, berkoordinasi dan diundang oleh para pengembang untuk meresmikan perumahan barunya. Yang sebelumnya kita telah membuat Perda tahun 2012, tentang pembangunan perumahan dengan luasan 150 M3, namun bagi para pengembang merasa keberatan, sehingga harga perumahan menjadi mahal dan biasanya perumahan di Batola ini adalah diperuntukkan bagi para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),  yang otomatis untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” ungkap Hasanuddin Murad

“Dengan adanya Perda No 11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman maka dari sisi tata ruangnya, juga memperhatikan kawasan-kawasan tertentu seperti mempertahankan lahan pertanian dan lain sebagainya,” tambah Hasanuddin Murad .

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Permukiman (Disperkim), Ir Ahmad Ridho yang juga selaku nara sumber yang dihadirkan, menambahkan, untuk Kabupaten Batola implentasi Perda tersebut sudah mengacu kepada Perda yang ada.

“Karena Perda yang ada di Kabupaten Batola isinya tidak jauh berbeda dengan Provinsi, juga Kab. Batola ini perdanya, mengadobsi pada Perda Provinsi dan walaupun Perda kita ini Perda lama, mungkin akan bisa dilakukan review lagi nantinya,” pungkas Ahmad Ridho. (Mzr).

 1,815 total views,  1 views today

Check Also

STIEPAN Buka Kesempatan Penghulu Kuliah Lagi

(Foto/Ist) Paringin,  mediaprospek.com – Kesempatan belajar selalu terbuka bagi siapa saja, tidak memandang usia. Sepanjang …